METRO KOLAKA

Jayadin : Bayarlah Zakat Melalui Baznas

KOLAKAPOS, Kolaka–Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin mendorong umat muslim di Kolaka agar menyalurkan zakatnya melalui
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Melalui kesadaran pembayaran zakat itu, maka umat muslim telah berpartisipasi dalam pembangunan kesejahteraan umat sekaligus menjalankan tanggung jawab sosial dalam mensejahterakan orang lain yang masih berada dalam kekurangan.

Meski demikian, Jayadin menyadari, upaya menggali kesadaran masyarakat untuk membayar zakat melalui Baznas belum berjalan maksimal. Banyak faktor yang menyelimutinya, salah satunya kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.

Untuk itu, Jayadin meminta agar pengurus Baznas Kolaka terus berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menyalurkan zakat. Baznas harus aktif mensosialisasikan dirinya turun ke masyarakat, sehingga masyarakat bisa mempercayai pengelolaan zakatnya melalui Baznas.

Penegasan itu disampaikan Jayadin saat pembukaan acara pendistribusian dan pendayagunaan zakat, infak dan sedekah tahap II kepada 139 Musthadik di lima kecamatan Kolaka bagian selatan yang berlangsung di Pondok Komoro, kecamatan Pomala, Selasa (28/8).

Menurut Jayadin, Baznas juga dapat bekerjasama menjalin kemitraan dengan berbagai instansi atau lembaga. Seperti kantor SKPD Kolaka dan instansi vertikal daerah serta BUMN dan BUMD yang ada di kabupaten Kolaka. “Saya yakin dengan kerjasama seperti ini dapat membangun kesadaran dan ketataatan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan perusahaan tertentu untuk membayar zakat penghasilannya,” ujarnya.

Dengan demikian, tambah Jayadin, dengan rutinnya sosialisasi masyarakat akan semakin sadar bahwa membayar merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap umat muslim yang mampu. “Dengan semakin aktifnya partisipasi kita dalam membayar zakat, maka diharapkan hal ini dapat membantu upaya meningkatkan keadilan dan kesejateraan masyarakat Kolaka,” tandasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top