BERITA UTAMA

KPU Kolaka Siapkan 702 TPS Pemilu 2019

KOLAKAPOS, Kolaka — Pada Pemilu 2019 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka menyiapkan 702 Tempat Pemungutan Suara (TPS) diseluruh wilayah Kabupaten Kolaka. Hal itu diungkapkan oleh ketua KPU Kolaka, Nur Ali. (29/8)

“Jumlahnya itu ada 702 TPS di semua wilayah Kabupaten Kolaka di 12 Kecamatan untuk Pemilu 2019,” ungkap Nur Ali.

Jumlah TPS tersebut, lanjut Nur Ali bertambah atau naik dibanding dengan Jumlah TPS pada Pilkada Serentak lalu, dikarenakan adanya aturan pengurangan maksimal jumlah wajib pilih pada setiap TPS.

“Iya bertambah, kalau dulu kan hanya 525 TPS disemua kecamatan, jadi bertambah TPSnya, itu disebabkan adanya pengurangan maksimal jumlah wajib pilih disetiap TPS,” terangnya.

Lanjutnya untuk Pemilu 2019 nanti, jumlah Wajib Pilih di setiap TPSnya maksimal hanya 300 wajib pilih, sedangkan sebelumnya maksimalnya 800 wajib pilih setiap TPSnya.”Jadi dikurangi maksimalnya sehingga TPS harus bertambah, kalau dulu kan maksismal 800 per TPSnya sekarang hanya 300 wajib pilih maskimalnya per TPS,” terangnya.

Dengan bertambahnya Jumlah TPS tersebut lanjutnya, otomatis juga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bertamabah sesuai jumlah TPS.

Dalam kesempatan itu, Nur Ali juga menghimbau wajib pilih untuk mengecek apakah nama mereka masuk dalam Daftar Pemilih Tetp (DPT) yang sudah ditetapkan KPU, dan bagi belum terdaftar untuk segera melaporkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) terdekat atau langsung ke sekretariat KPU Kabupaten Kolaka. (mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top