METRO KOLAKA

Distan Kolaka Salurkan 35 Pompa Air

KOLAKAPOS, Kolaka — Selama 2018 ini, Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Kolaka sudah membagikan puluhan unit pompa air kepada petani sawah yang ada di bumi Mekongga itu. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan pendapatan kepada petani sawah dalam menggarap lahan mereka.

Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Kolaka, La Ramuli mengatakan, pembagian pompa air itu sudah berlangsung sejak awal tahun ini dan dilaksanakan selama dua tahap. Untuk tahap pertama kata pria yang pernah menjabat sebagai camat Mowewe yang saat ini sudah masuk sebagai Kabupaten Kolaka Timur ini, terdapat 15 unit.

“Tahap kedua, terdapat 20 unit, sehingga totolnya 35 yunit,” ungkapnya kepada wartawan Kolaka Pos ini kemarin.

Ia juga mengatakan, 35 unit pompa air itu telah disalurkan kepada mereka (petani sawah- red) yang tersebar di semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka. Yakni, kepada mereka yang memiliki potensial persawahan dan yang dianggap sangat membutuhkan. Khususnya, jika sewaktu-waktu terancam akan memgalami kekeringan saat musim kemarau tiba.

“Yang jelas, pompa air yang telah disalurkan kepada petani sawah yang sangat membutuhkan,” jelasnya.Ia juga mengatakan, untuk penyalurannya tidak melalui perantara. Melainkan langsung dibagikan kepada petani sawah langsung yang memiliki potensi kekeringan dan dipastikan telah tepat sasaran.

“Penyalurannya langsung sama petani,” tuturnya.

Untuk itu ia berharap, semoga dengan diberikannya bantuan pompa air tersebut, para petani sawah yang ada di Kabupaten Kolaka selain dapat terhindar dari kekeringan. Kedepannya juga dapat meningkatkan hasil panen mereka, sehingga pendapatan masyarakat meningkat pula dan menciptakan kesejahteraan. (ing/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top