METRO KOLAKA

Komunitas KDC Tenggelamkan Bangkai Kapal

Komunitas Kolaka Diving Club (KDC) saat menenggelamkan bangkai kapal di perairan Kolaka, Rabu (29/8). Foto : Dadang/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Komunitas Kolaka Diving Club (KDC) menenggelamkan sebuah bangkai kapal tua yang berada sekitar empat mil dari bibir pantai Kolaka, Rabu (29/8). Bangkai kapal kayu itu ditarik dengan menggunakan kapal nelayan, kemudian ditenggelamkan di kedalaman antara 26 – 30 meter. Proses penenggelaman itu turut disaksikan para petugas dari Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Kolaka, Basarnas dan personel TNI AL.

Ketua KDC Kolaka H. Arsyi Pamma mengatakan, penenggelaman itu merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh KDC untuk menyelamatkan ikan dan biota laut lainnya di perairan Kolaka. Bangkai kapal di bawah laut dapat menjadi rumah ikan dan hewan laut lainnya. Transplantasi dengan menggunakan metode goa artifisial terbuat dari besi atau kayu tujuanya akan menjadi rumah ikan kerena bangkai kapal tersebut akan ditumbuhi coral.

Selain itu, adanya bangkai kapal di dasar laut dapat menjadi lokasi yang menarik bagi penyelam. “Di Kolaka memang terdapat beberapa spot penyelaman, akan tetapi belum ada yang memiliki lokasi menarik seperti keberadaan bangkai kapal dan bangkai lainnya. Karena itu KDC mempunyai inspirasi membawa bangkai kapal nelayan untuk ditenggelamkan dan nantinya akan menjadi lokasi penyelaman dan pemancingan,” ujar Arsyi.

Ia berharap, dengan adanya spot diving atau penyelamanan seperti bangkai kapal yang ‘bersemayam’ di perairan Kolaka dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun domestik. “Kegiatan penenggelaman ini diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berwisata di kabupaten Kolaka, dan melakukan diving dengan berbagai soft coral dan biota laut yang ada di sekitar bangkai kapal nantinya,” terangnya. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top