METRO KOLAKA

Satlantas Sosialisasi Tertib Lalulintas di SMAN 1 Kolaka

Pemberian sepeda oleh Kasat Lantas Polres Kolaka, Iptu Andi Udin kepada salah satu siswi SMA Negeri 1 Kolaka, Jumat (31/8). Foto : Ist/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Kolaka menggelar sosialisasi dan penyuluhan keselamatan berlalulintas di SMA Negeri 1 Kolaka, Jumat (31/8). Kegiatan yang berlangsung sekitar pukul 08.00 Wita itu diikuti para siswa, guru dan staf SMA Negeri 1 Kolaka.

Kasat Lantas Polres Kolaka Iptu Andi Udin mengatakan, sosialisasi itu dilakukan guna mengingatkan dan menanamkan budaya keselamatan berlalulintas sejak dini. Sehingga, tidak hanya angka kemacetan dan kecelakaan yang dapat ditekan, tetapi juga mampu menumbuhkan budaya disiplin dalam berlalulintas. “Sosialisasi ini untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara sejak dini, sehingga diharapkan akan menumbuhkan budaya disiplin berlalulintas,” ujarnya.

Dalam kegiatan sosialisasi itu, Kasat Lantas memberikan himbauan kepada para siswa-siswi serta para guru agar selalu mentaati peraturan dalam berlalulintas. Hal itu sesuai amanah yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Selain itu, para siswa juga diingatkan agar tidak membawa kendaraan jika belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). “Peran sekolah sangat dibutuhkan dengan membuat peraturan yang melarang siswanya membawa kendaraan bermotor ke sekolah sebelum memiliki SIM. Demikian juga para orangtua siswa, hendaknya mengawasi anaknya agar tidak mengendarai sepeda motor atau mobil di jalan raya sebelum berusia 17 tahun dan memiliki SIM,” jelasnya.

Di akhir kegiatan, Kasat Lantas dan jajaran melakukan menyerahkan hadiah alat transportasi berupa sepeda kepada beberapa siswa yang hadir. Hadiah itu diberikan Satlantas Polres Kolaka sebagai upaya untuk membudayakan para siswa dalam menggunakan alat transportasi sehat merakyat (TMS) saat ke sekolah. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top