822 DPT Kolaka Ditemukan Ganda

  • Bagikan
Ketua KPUD Kolaka Nur Ali

KOLAKAPOS, Kolaka -- Sebanyak 822 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kolaka ditemukan ganda untuk pemilu 2019 ini. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolkaa, Nur Ali (14/9).

"Temuannya itu ada 822 yang ganda, " paparnya.

Terkait temuan itu kata Nur Ali pihaknya sudah melakukan perbaikan atau menghapusnya dan disaksikan oleh Bawaslu Kolaka. "Sudah dihapus kemarin disaksikan bersama teman teman Bawaslu Kolaka," ujarnya.

Terkait DPT Ganda itu, Nur Ali mengatakan belum mengetahui pastinya di daerah mana DPT yang paling banyak ditemukan ganda. "Saya harus buka laptop dulu lihat datanya, yang pasti tersebar," terangnya.

Lanjutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan terdapatnya DPT Ganda di Kolaka. "Ada beberapa faktor, diantaranya ada yang pindah domisili dan tidak melapor, sehingga masih terdaftar di daerah asalnya dan juga terdaftar di tempat pindahnya," ungkapnya.

Dia juga mengatakan dengan dihapusnya DPT Ganda itu, maka DPT Kolaka yang sudah ditetapkan untuk pemilu berkurang." Jadi berkurang 822, jadi tinggal 155.974 yang sebelumnya itu 156.796" jelasnya.

Dan lanjutnya jika kemudian masih ada laporan temuan  DPT ganda pihaknya menunggu surat edaran KPU untuk tindak lanjutnya. (Mir)

  • Bagikan