METRO KOLAKA

CPNS USN Buka 113 Formasi Dosen

KOLAKAPOS, Kolaka —Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengalokasikan 113 formasi dosen dan dua tenaga kependidikan untuk penempatan di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.

Ketua panitia CPNS USN Kolaka, Ir H. Syahrir Sahaka menagatakan, dari 113 formasi dosen itu, secara rinci formasi terbagi atas 17 formasi di Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan, 30 formasi di Fakultas Sains dan Teknologi, 27 formasi Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Selanjutnya, 11 formasi Fakultas Teknologi Informasi, 23 formasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan lima formasi di Fakultas Hukum. Sedangkan dua formasi lainnya diperuntukkan mengisi staf sub bidang akademik dan sub bidang umum.

Syahrir juga menjelaskan, berdasarkan jalur penerimaannya tiga formasi di antaranya dikhususkan untuk penyandang disabilitas. Ketiganya akan ditempatkan akan mengisi formasi dosen. “Tiga formasi penyandang disabiltas untuk penempatan jadi dosen, salah satunya untuk dosen di prodi ilmu ekonomi,” ungkapnya, Kamis (27/9).

Dikatakannya, selain melalui jalur penerimaan khusus penyandang disabilitas itu, para pendaftar CPNS USN juga dapat melalui tiga jalur penerimaan lainnya. Diantaranya jalur umum, yakni para peserta dapat mendaftar berdasarkan keahlian di masing-masing prodi yang dibutuhkan. “Jadi semua orang bisa mengikuti tes di prodi mana saja yang penting sesuai syarat dan ketentuan yang dibutuhkan,” jelas Wakil Rektor II USN Kolaka itu.

Kemudian melalui jalur cumlaude, yaitu jalur untuk para lulusan terbaik di universitas tertentu. Selanjutnya, jalur putra-putri terbaik bangsa yang berpresetasi di luar negeri dan ingin kembali berkarir di Indonesia. “Berdasarkan lima jenis jalur penerimaan dari Kemeneristekdikti hanya formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat yang tidak ada di USN,” terangnya.

Syahrir berharap, para peserta yang telah melakukan pendaftaran online agar semakin mempersiapan untuk menyambut tes berbasis CAT. “Kita harapkan para peserta ini mempersiapkan diri, jadi harus belajar mempersiapkan diri untuk tes nanti,” ujarnya.

Sebelumnya, Rektor USN, Azhari mengungkapkan penerimaan CPNS di Kampus Merah Maron itu bersih dari unsur Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KNN). Panitia akan disumpah untuk tidak melakukan KKN. Katanya, hal itu seperti yang dilakukan USN dalam setiap penerimaan CPNS pada tahun-tahun sebelumnya. “Semuanya terbuka, tidak ada KKN, seperti yang sudah kita terapkan dari dulu semua panitianya akan disuruh bersumpah untuk tidak KKN,” ujar Azhari belum lama ini. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top