BERITA UTAMA

35 Atlet Cabor Atletik Kolaka “Barang Jadi”

Ketua Cabor Atletik Kolaka, Sal Amansyah.

KOLAKAPOS, Kolaka — Cabang olahraga (Cabor) atletik Kabupaten Kolaka telah menetapkan 35 atlet yang akan diturunkan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sultra XIII nanti. Penetapan itu setelah tim seleksi cabor atletik mengumumkan 35 nama atlet yang lolos seleksi akhir, belum lama ini.

Ketua Cabor Atletik Kolaka, Sal Amansyah mengatakan, 35 atlet terpilih telah dikantongi. Semuanya merupakan atlet potensial Kolaka yang siap meraih medali di semua cabor atletik, yakni lari, lempar dan lompat. “35 atlet itu sudah barang jadi semua, tinggal kita poles,” ujar Sal Amansyah, saat dihubungi melalui selulernya, kemarin (30/9).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka itu menjelaskan, 35 nama itu didominasi para atlet berpengalaman yang pernah bertanding dalam yang berbagai even lokal maupun tingkat regional. Selain itu terdapat pula beberapa atlet muda yang pernah mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) mewakili daerah di kancah nasional. “Para atlet sudah kita tes lewat even-even lokal yang kita laksanakan disini (Kolaka), termasuk yang ikut O2SN. Jadi memang atlit yang kita punya itu sudah jadi semua,” ucapnya.

Menurutnya, Kolaka memiliki banyak bibit atlet potensial untuk cabor atletik. Bahkan lantaran banyaknya, pihaknya mengaku kesulitan menetapkan 35 nama atlet yang akan diturunkan di Porprov itu. Hal itu dirasakan, saat dilakukan seleksi awal, semua atlet yang ikut seleksi menunjukkan kemampuan terbaiknya. Sayangnya, karena batas maksimal 35 atlet yang dibutuhkan, maka terpaksa puluhan atlet potensial lainnya tidak dapat diakomodir. “Mereka ini sebenarnya sudah barang jadi semua, hanya waktu seleksi awal itu jumlahnya kebanyakan makanya kita saring ulang untuk mendapatkan angka 35 itu,” ucapnya.

Kendati demikian, Sal Amansyah mengaku sampai saat ini pihaknya belum menentukan jumlah target perolehan medali yang akan diraih nanti. Tetapi, dia yakin semua atlet yang akan yang diturunkan dapat berkontribusi secara maksimal. “Untuk angka pastinya belum ada, nanti saya ketemu dulu dengan tim di lapangan untuk bicarakan itu, kita juga akan sandingkan dengan data-data dari kabupaten lain supaya kita bisa motret target yang lebih realistis. Tetapi kita harapkan semua atlet yang diturunkan dapat berkontribusi meraih medali sebanyak-banyaknya baik emas, perak maupun perunggu,” tandasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top