MUNA

Rusman Emba dan Ridwan Bae Kolaborasi Fasilitasi Petani di Muna

Bupati Muna LM Rusman Emba (pojok kiri) dan Anggota Komisi V DPR RI Ridwan Bae (pojok kanan) bahagia karena petani sawah di desa Kontukowuna kecamatan Kontukowuna berhasil panen padi untuk yang pertama kali.FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Petani sawah di kabupaten Muna mulai menampakkan keberhasilan yang signifikan. Buktinya, Bupati Muna, LM Rusman Emba dan Anggota Komisi V DPR RI, Ridwan Bae diundang oleh kelompok tani desa Kontukowuna kecamatan Kontukowuna untuk melakukan panen raya perdana, padi seluas 25 hektar.

Bupati Muna LM Rusman Emba dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan petani sawah di desa Kontukowuna kecamatan Kontukowuna tidak terlepas dari campurtangan TNI Kodim 1416/Muna dan penyuluh pertanian Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Muna, yang selalu setia mendampingi para pentani sehingga mendapatkan hasil panen yang sangat luarbiasa.

“Kami berterimakasih pada semua pihak, sehingga hari ini kita bisa panen. Tentu kebersamaan ini harus kita jaga, karena tanpa kebersamaan itu tidak mungkin kita dapat menciptakan hal yang besar dalam kehidupan termasuk kita panen seperti ini. Mudah-mudahan ini menjadi awal kebangkitan pertanian di kabupaten Muna Insya Allah,” ujarnya dihadapan kelompok tani desa Kontukowuna, disaksikan Sekda Muna Nurdin Pomone, anggota DPRD Laode Saera dan TNI/Polri, Sabtu (29/9)

Luas area persawahan di kabupaten Muna kata Rusman, sekitar 1000 hektar lebih. Area tersebut akan terus ditambah karena lahan tidur yang potensial untuk digarap menjadi area persawahan masih sangat luas. Olehnya itu pasangan Abdul Malik Ditu ini berjanji akan memberikan bantuan fasilitas alat tehknologi mesin, untuk membantu meringankan beban kerja petani sawah saat menggarap lahan.

“Insya Allah kebijakan-kebijakan pemerintah dalam rangka mengembangkan lahan ini akan kita laksanakan. Kalau masih ada lokasi disini (kecamatan Kontukowuna, red) yang belum bisa terolah, itu kita upayakan agar semua bisa terolah,” tegas Rusman.
Di tempat yang sama, anggota Komisi V DPR RI Dapil Sultra, Ridwan Bae mengatakan, agar kedatangannya dalam kegiatan panen raya padi tersebut memberikan manfaat untuk masyarakat tani sawah kecamatan Kontukowuna, maka mantan Bupati Muna dua periode ini berharap petani dapat mengajukan langsung permintaan bantuan kepadanya dan selanjunya permintaan tersebut akan ditindak lanjutinya ke Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonsia dan kepada Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman.

“Jadi proposalnya cepat diberikan sama saya. Karena kita penutupan anggaran itu tanggal 16 Oktober. Pembahasan tanggal 2. Proposalnya ditandatangani pak Bupati. Jadi sebut memang, traktor butuh berapa unit. Kemudian pengairan berapa meter. Proposalnya cepat diberikan, Insya Allah 2019 bantuannya itu sudah sampai disini. (Kecamatan Kontukowuna, red),” ucapnya meyakinkan.

Sementara itu, Camat Kontukowuna Labama mengatakan, cadangan lahan persawahan di wilayahnya yang belum digarab sekitar 150 hektar dan membutuhkan saluran irigasi untuk pemenuhan kebutuhan air persawahan masyarakat. “Jadi kami butuh komitmen bersama untuk meningkatkan perluasan area persawahan di Kontukowuna. Kami butuh bantuan dari Pemda supaya ini (area persawahan, red) dapat betul dimaksimalkan,” harapnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top