KOLAKA TIMUR

Dirjen Dukcapil Canangkan GISA Di Koltim

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh Didampingi Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas dan Bupati Koltim Tony Herbiansyah Saat Memberikan Blangko Adminduk Kepada Masyarakat Secara Simbolis. FOTO: Neno/Kolaka Pos 

KOLAKAPOS, Tirawuta — Direktorat Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh , Mencanangkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), dihadiri wakil gubernur Sultra H Lukman Abunawas, beserta para bupati dan walikota se-Sultra dilapangan Nur Latamoro, Kolaka Timur (Koltim), Selasa (2/10/).

Dalam sambutanya, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, Melalui Gisa atau gerakan sadar Adminduk diharapkan pelayanan Dinas Dukcapil dapat lebih meningkat karena program ini merupakan program nasional untuk pelayanan publik yang lebih baik.

” Kami mengharapkan agar Disdukcapil yang ada di Sultra terus memperbaiki pelayananya kepada masyarakat, karena dengan peyalanan terbaik akan dapat mencerminkan kehadiran bangsa dimata masyarakat ” harapnya.

Menurutnya, Gerakan Indonesia Sadar Adminduk adalah sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan. Kesadaran tersebut ditunjukkan dengan 4 hal, yaitu kesadaran akan pentingnya dokumen kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan yang membahagiakan rakyat.

” Dengan GISA dapat mewujudkan Indonesia yang sadar adminduk, sehingga terwujud tertib administrasi kependudukan sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan ” ungkapnya.

Selain itu, Zudan Arif juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Pemda Koltim dan Pemda Konsel atas prestasi terbaik dalam tata kelola administrasi kependudukan dan pelayanan pencatatan sipil di Sultra.

” Tentunya tidak hanya Koltim dan Konsel, tapi semua Daerah di Sultra bisa mengikuti jejak keberhasian mereka. Selain itu, dapat turut serta mensukseskan program GISA yang hari ini kita canangkan di Koltim ” tutupnya.

Wakil Gubernur Sultra H Lukman Abunawas mengatakan, inti dari program Gisa ini tak lain agar semua penduduk di Indonesia harus memiliki dokumen Adminduk, mulai dari lahir hingga meninggal dunia. Dan kita inginkan agar kesadaran masyarakat dalam melakukan pengurusan Adminduk terus meningkatkan, sebab saat ini kesadaran masyarakat masih minim akan pentingnya adminduk. Karena jika kita melihat nanti akan membutuhkan berkas kependudukan barulah masyarakat mulai mengurus. Ini yang tidak boleh lagi dilakukan masyarakat.

” Semoga pencanangan Gisa hari ini bisa berjalan dengan lancar, dan dapat dilaksanakan semua kabupaten Kota. Dan kita targetkan untuk Sultra dibulan Oktober semua masyarakat telah melakukan perekaman E-KTP ” singkatnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati Koltim H Tony Herbiansyah menyerahkan satu unit mobil operasional kepada Kadis Dukcapil Koltim Anwar Hamzah, hal ini sebagai bentuk keseriusan Pemda Koltim dalam mewujudkan tata kelola administrasi kependudukan dan pelayanan pencatatan sipil yang baik. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top