MUNA

Penempatan APK Melanggar, Bawaslu Diminta SegeraTertibkan

APK bertuliskan Falas dan #Jokowi2Priode serta berlambang Partai PDI Perjuangan dipasang di pohon taman kota Raha. Tepatnya jalan poros JL. M. H. Thamrin kecamatan Katobu depan kantor Pengadilan Negeri Raha. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna, Kubais meminta agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) segera melakukan penertiban terhadap sejumlah spanduk atau alat peraga kampanye (APK) yang telah dipasang dan dikaitkan di pohon-pohon dalam kota Raha. Sebab pemasangan APK telah melanggar ketentuan KPU.

Menurut Kubais, selain di pohon, area lain yang tidak diperbolehkan untuk dipasangi APK yakni di bahu jembatan, sekolah, tempat ibadah, dan kantor pemerintahan. “Sekarang yang bayak beredar itu, Falas (#Jokowi2Priode.Red). Dia ini disetiap pohon ada spanduknya. Mestinya ini menjadi tugas bawaslu untuk ditertibkan,” pintahnya.

Kubais juga mengingatkan, dalam pemasangan APK, peserta Pemilu harus menjaga keindahan, estetika dan ketertiban. Untuk materi kampanye dalam APK pun tidak boleh provokatif, dan tidak menimbulkan kekacauan dan keributan ditengah-tengah masyarakat.”  PKPU tahun 2008, nomor 23, 28 sampai perubahan nomor 33, ditegaskan bahwa materi APK dan bahan kampanye, wajib memuat visi misi dan program partai politik,” katanya

Terpisah, Komisioner Bawaslu Muna, Ali Darman mengatakan, pemasangan APK sudah dilakukan sejak tanggal 23 September pasca penetapan daftar calon tetap (DCT) dan akan berakhir hingga 13 April 2019. Pihaknya pun hingga sejauh ini terus melakukan pengawasan.

Ali Darman menegaskan, apabila pihaknya menemukan pemasangan APK tidak sesuai peraturan perundang-undangan yang telah ditentukan maka pihaknya akan segera melayangkan surat teguran peringatan terhadap partai politik yang terpajang dalam APK tersebut.

“Kita terus melakukan pemantauan. Ketika kita melihat tidak sesuai, tentu kita akan surati KPU dan partai politik. Kalau ada hal-hal berupa laporan atau temuan, kita kita akan langsung menindak lanjuti apakah memenuhi unsur pelanggaran pemilu,” katanya.  (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top