BERITA UTAMA

STIKES Avicena Berubah Status Kini Institut Teknologi dan Kesehatan

Gubernur Sultra bersama Ketua STIKES Avicena Kendari saat meresmikan perubahan status menjadi Institut Teknologi dan Kesehatan Avicena Kendari

KOLAKAPOS, Kendari — Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Avicena Kendari kini resmi beralih status menjadi iInstitut Teknologi dan Kesehatan Avicena. Peresmian dan penyerahan surat keputusan itu berlangsung di halaman kampus Istitut Teknologi dan Kesehatan Avicena Selasa (2/10), yang dihadiri Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi.

Ketua STIKES Avicena Kendari dr. Marzuki Hanafi Bantayan mengatakan, perubahan status STIKES menjadi Institut bertujuan untuk memperluas akses dalam kehidupan berbangsa.

“Dengan dirubahnya dari STIKES menjadi Institut tujuannya adalah kita ingin memperluas dalam kehidupan berbangsa di dunia tridarma perguran tinggi pendidikan penelitian, namun tidak hnya dibidang kesehatan melainkan juga dibidang sains dan teknologi,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, dengan beralis status menjadi Institut sehingga program studi yang dimiliki kini bertambah, sebelumnya tujuh program studi, namun kini menjadi sembilan program studi. “Kita sudah menjadi institut, artinya dari skolah tinggi bukan hanya satu rumpun progrm studi, tapi sudah dua program studi yakni sains dan teknologi bersama kesehatan,” terangnya.

Marzuki menambahkan, secara keseluruhan program studi yang dimiliki Institut Teknologi dan Kesehatan Avicena Kendari ada sembilan yakni S1 Kesehatan Masyarakat, D3 Keperawatan, S1 Keperawatan, D3 Kebidanan, S1 Gizi, Prodi Profesi Nerspada, Farmasi, S1 Biologi dan S1 Teknologi Informatika.

“Alhamdulillah syarat minimal telah terpenuhi. Enam orang dosen S2 dibidang informatika, Enam dosen S2 dibidang biolgi, kalau kurang dari itu pasti tidak keluar izinnya,” paparnya.

Ia berharap, dengan berubahnya bentuk diharapkan menjadi semangat untuk mencerdaskan generasi muda. (hrn/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top