BERITA UTAMA

Komisi III: Pembangunan Smelter Ceria Sudah Mulai Kelihatan

Komisi III DPRD Kolaka saat mengunjungi lokasi IUP PT. CNI

KOLAKAPOS, Kolaka — Progres pembangunan Smelter PT. Ceria Nugraha Indotama (CNI) sudah menunjukkan kemajuan. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Komisi III DPRD Kolaka, Syaifullah Khalik Usai melakukan monitoring dan pemantauan di wilayah Ijin usaha pertambangan PT. CNI di Wolo (4/10).
“Kalau saya lihat dengan mata kepala sendiri progress nya sudah ada kemajuan, kesiapan lahan untuk konstruksi pabrik dan Power Plant nya sudah ada, sudah diratakan, dan siap untuk dibangun,” papar legislator Gerindra itu.
Dijelaskannya dari data lapangan yang didapatkan komisinya bahwa lahan yang sudah disiapkan untuk konstruksi pabrik smelter PT. CNI seluas 50 hektar lebih dan juga untuk Power Plant nya seluas 20 hektar.
“Juni 2019 konstruksi pabrik smelter nya sudah akan dimulai, power plant nya juga begitu sudah dikerjasamakan dengan PLN, ” paparnya.
Dan dalam pengerjaan konstruksi pabrik nanti kata Syaifullah akan memperkerjakan 5000 lebih Tenaga kerja . “Dari data mereka saat ini saja ada 1200 karyawan dan 85 persen adalah tenaga kerja lokal, dan di konstruksi nya nanti itu sekitar 5000 anggota tenaga kerja, semoga ini terwujud,” terangnya.
Sehingga kata Syaifullah, PT. CNI memang harus mendapat support dari warga sekitar, agar rencana pembangunan Smelter bisa terwujud.
Terkait aspirasi warga yang menuntut ganti rugi lahan disalah satu lokasi IUP PT. CNI atau di “Tanah Merah” Syaifullah mengatakan bahwa Akan dibentuk Tim dari berbagai stakeholder untuk memverifikasi status lahan tersebut. “Ya kalau ada bukti hak kepemilikannya saya kira perusahaan pasti ganti, tetapi secara kasat mata saya lihat disana itu kebanyakan hutan yang tidak diolah, hanya sebagian kecil saja yang ada tanaman perkebunan, tapi nanti dilihat oleh Tim bagaimana selanjutnya,”paparnya.(Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top