BERITA UTAMA

Pemda Kolaka Donasikan 20 Truk Logistik ke Sulteng

Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin (kedua kiri) bersama relawan BPBD Kolaka meninjau kesiapan logistik di kantor BPBD Kolaka, kemarin (4/10). FOTO : Kaulia Akansoro

Hari ini Bertolak ke Sulteng, Jayadin akan Pimpin Perjalanan Rombongan

KOLAKAPOS, Kolaka — Jika tak aral melintang, hari ini (5/10) pemerintah kabupaten (Pemkab) Kolaka akan mendonasikan bantuan 20 truk logistik kepada korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng). Penyaluran bantuan itu sebagai bentuk rasa empati dan kepedulian terhadap korban bencana gempa dan tsunami yang sangat membutuhkan bantuan.

Tak hanya itu, Pemkab Kolaka juga akan mengutus 100 relawan yang terdiri dari tenaga medis, tim researc and rescue BPBD Kolaka, Dinas Sosial dan relawan lainnya. Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin akan memimpin rombongan perjalanan melalui jalur darat Kolaka Utara – Sulsel – Sulteng. “Kita berangkat besok (hari ini, red) sore melalui jalur darat masuk ke Kolaka Utara. Relawan yang ikut sekitar 100 orang. Ada dari Pemda, KONI, teman-teman dari KNPI dan organisasi lainnya, mahasiswa dan masyarakat umum,” kata Jayadin kepada Kolaka Pos saat memantau persiapan tim relawan dan logistik di kantor BPBD Kolaka, kemarin (4/19).

Jayadin berharap, bantuan yang didonasikan itu meringankan beban para korban bencana yang terjadi Jumat (28/9) lalu itu. “Kita semua berduka, mudah-mudahan bantuan yang kita donasikan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita di Sulteng, khsusunya yang terdampak bencana di Palu, Donggala dan Sigi,” harapnya.

Sementara itu, penanggungjawab rombongan, H Abbas mengatakan keberangkatan rombongan relawan dan yang sekaligus membawa 20 truk bantuan logistik itu akan dikawal personel TNI Kodim 1412 Kolaka dan Polres Kolaka. Hal itu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, yang diperkirakan memakan waktu empat hari.

Kemudian, setelah sampai di Sulteng, terang Plt Kepala BPBD Kolaka itu, rombangan relawan Pemkab akan melapor kepada pemerintah setempat untuk mengkoordinasikan penyaluran bantuan logistik. “Rencana kita akan salurkan di Kabupaten Sigi, karena informasinya di sana masih kurang suplai bantuan,” tandas mantan Kepala Dinas PU Kolaka itu.

“Rencana kita akan berada di lokasi bencana selama delapan hari, karena selain menyalurkan bantuan, relawan juga akan membantu melakukan pencarian dan evakuasi. Kita juga siapkan tenaga medis untuk membantu korban selamat yang butuh pertolongan medis,” ujar Abbas menambahkan. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top