METRO KOLAKA

PID Diharapkan Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Kolaka — Belum lama ini pemerintah daerah kabupaten Kolaka menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa atau Program Inovasi Desa (PID). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

Asisiten 1 Setda Kolaka H. Bakri mengatakan, PID bertujuan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa mengenai solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

“Bursa Inovasi Desa atau Program Inovasi Desa (PID) merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam ruang lingkup kabupaten. Ini merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi di tingkat kabupaten,” kata Bakri.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan bursa inovasi tersebut seluruh permasalahan yang ada di desa bisa diselesaikan. Pemerintah desa bisa melihat potensi yang dapat dikelola secara baik dan benar untuk kesejahteraan masyarakatnya. Selain itu, dengan adanya program tersebut berbagai inovasi dan program tingkat desa bisa dimunculkan sehingga kemudian bisa berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

Semantara itu Kepala Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa (Pemdes), Akbar mengatakan sebaiknya semua desa yang ada di Kolaka bisa melakukan inovasi di desa masing-masing. “Setelah desa melakukan inovasi maka desa juga harus bisa memberikan informasi inovasi ke semua masyarakat desa, kecamatan maupun kabupaten Kolaka,” katanya.

Menurut Akbar, untuk jumlah peserta dalam kegiatan PID Kolaka ada sekitar 300 peserta yang terdiri dari kepala desa dan perangkat desa, serta LPM se kabupaten Kolaka. Diharapakan, dengan adanya kegiatan itu desa di Kolaka bisa lebih maju dan berinovasi. “Dengan kegiatan PID Kolaka 2018 ini desa bisa melihat potensi yang ada di wilayahnya,” tuturnya (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top