BERITA UTAMA

Disdukcapil Konawe Kewalahan; Peserta Tes CPNS Tidak Disiplin

KOLAKAPOS, Unaaha — Ratusan warga konawe yang akan mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini, memadati kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapi) Konawe, Senin (8/10). Tujuannya, guna melegalisir Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) sebagai salah satu syarat administrasi guna mengikuti tes CPNS ini.

Membludaknya, para calon ASN ini, membuat satuan polisi pamong praja yang berjaga di kantor tersebut, kewalahan menghadapi ratusan warga yang ingin melegalisir KK dan KTP. Irmawati Muhtar, salah satu peserta yang akan mengikuti tes CPNS mengaku kewalahan karena harus berdesak-desak dengan pelamar lainya untuk mendapat tanda tangan sekretaris Disdukcapil Konawe. “kalo tidak berdesakan kita tidak dapat mi nanti parafnya pak sekdis, mau di apa namanya juga usaha,” Kata Irma yang merupakan alumni Universitas Lakidende.

Di tempat yang sama, Syukur, satpol PP yang bertugas menjaga di kantor tersebut, juga mengaku kewalahan mengadapi banyaknya pelamar CPNS yang akan melegalisir berkas mereka, meski sudah memperingatkan agar tidak saling dorong dengan yang lain, namun tetap saja hal itu tidak di hiraukan para pelamar CPNS. “Tidak ada mi yang mendengar, maunya simpan saja berkasnya di atas meja, nanti di legalisir satu-satu sama petugas capil, tapi ini mereka sendiri yang legalisir (Stempel Red),” ungkap Syukur.

Tidak terkontornya para peserta CPNS dalam melegalisir KK dan KTPnya mebuat sekretaris Disdukcapil konawe, Riwanto geram. “Bagaimana mau bisa kita layani kalau begitu, tidak ada yang mau disiplin, coba simpan saja berkasnya nanti petugasnya yang datang ambil dan bawakan ke ruanganku, tapi ini mereka tidak mau,” kesal Riwanto.

Tidak hanya sekdis disdukcapil, sebagian pegawai di kantor itu juga kesal dengan tindakan para pelamar CPNS ini, karena para peserta tidak mematuhi aturan dan tidak menunjukan sikap disiplinnya. (m4/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top