Pemda Konsel Salurkan Bantuan Untuk Sulteng

  • Bagikan

KOLAKAPOS, Andoolo -- Sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap musibah yang menimpa warga Palu, Sigi dan Donggala Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), akibat bencana alam beberapa saat lalu, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menyalurkan bantuan paket sembako, Rabu (10/10).

Bantuan tersebut disalurkan melalui Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Haluoleo - Konsel, yang diserahkan oleh Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) Pemda Konsel, Hermawan, S.Sos, dan diterima langsung Komandan Lanud Haluoleo, Kolonel PNB Nana Resmana, SM.

Bantuan ini dihimpun dari sumbangsih para pejabat Eselon IV, III, II ASN lingkup Pemda Konsel, termasuk didalamnya sumbangan pribadi Bupati Konsel, Surunuddin Dangga dan rencananya bantuan tersebut langsung diberangkatkan pada hari ini juga dengan pesawat Hercules milik TNI AU.

Kabag Humas Setda Konsel Hermawan mengatakan, sumbangan dikumpulkan atas arahan dan perintah langsung Bupati Konsel, untuk ikut meringankan beban para Korban bencana Palu, Sigi dan Donggala, berupa seribuan paket sembako.

"Kita salurkan bantuan yang bisa dikonsumsi langsung warga Palu, yang didalamnya terdiri dari mie instant dan air mineral, yang merupakan kebutuhan mendasar," jelas Hermawan.

Lanjutnya, ini juga salah satu bentuk kepedulian Bupati yang turut merasakan penderitaan mereka, dengan cara memberikan bantuan, dengan harapan bisa bermanfaat dan dirasakan langsung warga disana, serta dapat meringankan beban mereka yang terkena dampak bencana.

Ditempat yang sama, Danlanud TNI AU Haluoleo, Kolonel Pnb Nana Resmana, SM saat ditemui usai penerimaan bantuan, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemda Konsel atas kerelaaan dan kesedian memberikan bantuan kepada warga Palu dan sekitarnya yang terkena musibah, yang mana sudah seharusnya Pemda turut serta dan jadi garda terdepan ketika wilayah lain terkena musibah.

"Saya selaku pribadi dan bersama jajaran TNI AU, selalu siap sedia menampung dan mengirimkan paket bantuan dari seluruh elemen masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) termasuk bantuan dari Pemda Konsel, dan hingga saat ini kami telah mengirimkan ribuan ton bantuan via udara," ucap Nana Resmana.

Khusus bantuan Pemda Konsel, sambung dia pada hari ini juga akan diberangkatkan langsung ke Palu, dengan menggunakan transportasi udara pesawat Hercules bantuan dari Posko Lanud Makassar, untuk sisa bantuan lain dikirim via transportasi laut agar segera dinikmati warga disana.

"Bantuan lain yang tersisa tetap akan kita berangkatkan, tetapi menunggu perintah dari Mabes atau Posko di Makassar karena terkait antrian penggunaan pesawat Hercules yang juga dibutuhkan di wilayah lain untuk mendistribusi bantuan ke Palu, sambil berharap bantuan sampai ditujuan dengan selamat," pungkasnya. (k5/b)

  • Bagikan