BERITA UTAMA

USN Kolaka Kirim Bantuan dan Relawan Ke Palu

Saat rektor melepas tim relawan dan bantuan untuk korban gempa Palu.

KOLAKAPOS, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengirim 30 ton bantuan dan relawan untuk membantu meringankan para korban bencana gempa dan tsunami di Palu.

Pengiriman bantuan dan relawan tersebut dilepas langsung oleh Rektor USN Kolaka, Azhari bertempat di halaman Kampus USN Kolaka (11/10).

Bantuan yang dikirim seberat 30 ton tersebut dimuat  oleh 1 kendaran truk puso, 1 truk dan 1 mobil pick up. Azhari pesannya kepada para relawan yang dikirim agar menjaga keselamatan dan berkoordinasi dengan tim relawan lainnya di Palu.

Kepada wartawan, Azhari mengatakan bantuan tersebut terdiri dari bahan makanan, pakaian dan perlengkapan bayi yang sudah dikomunikasikan dengan Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT). “Kebanyakan bahan makanan, pakaian, dan perlengkapan bayi, karena memang itu yang dibutuhkan saat ini dan sudah kita komunikasi kan dengan tim ACT,” terangnya.

Dia juga menyampaikan bahwa bantuan tersebut merupakan sebagian besar donasi dan sumbangan yang dikumpulkan oleh masyarakat Kolaka kepada para kelompok mahasiswa dengan nilai mencapai 300 juta rupiah. “Bantuan itu sebagian besar berasal dari masyarakat Kolaka melalui beberapa kelompok mahasiswa, yang nilainya sekitar 300 juta rupiah, jadi kami juga menyampaikan terimakasih banyak kepada seluruh masyarakat Kolaka yang telah memberikan donasinya,” terang Azhari.

Sementara Tim relawan yang dikirim oleh USN kata Azhari berjumlah 13 orang yang merupakan mahasiswa dari unik kegiatan yang berkecimpung di bidang pertolongan, kepecinta Alaman, dan PMI. “Jadi yang kita kirim untuk menyalurkan bantuan itu adalah mereka dari UKM SAR, Mapala dan PMI, ada 13 orang dan semua biayanya dari kampus,” ujarnya.

Di Palu nanti, lanjut rektor mereka akan berkoordinasi dengan tim ACT untuk penyaluran bantuan dan belajar langsung penangan bencana. “Jadi nanti mereka akan ke posko ACT, disana mereka akan menyalurkan bantuan dan belajar langsung penangan bencana, ” ujarnya.

Rektor juga mengatakan rencananya para relawan tersebut akan tinggal selama seminggu di Palu.

Dia juga mengatakan bahwa pengiriman bantuan tersebut sudah berkoordinasi dengan pihak TNI Dan Polri untuk pengamanannya di perjalanan.(mir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top