METRO KOLAKA

USN Siap Tampung Mahasiswa Korban Gempa Sulteng

KOLAKAPOS, Kolaka — Gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah (Sulteng), telah melumpuhkan berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Diperkirakan ribuan mahasiswa Sulteng tidak bisa lagi melanjutkan proses perkuliahannya karena bangunan kampus mereka ambruk dan rusak berat. Salah satu kampus yang berhenti beroperasi yakni Universitas Tadulako (Untad) Palu.

Meski demikian, mahasiswa Untad tetap bisa mengikuti kuliah dalam program sit in atau kuliah sementara di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia yang siap menampung mereka. Salah satunya adalah Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka.

Rektor USN Kolaka, Azhari menyatakan bahwa USN siap menampung para mahasiswa pengungsi korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa Untad Palu. “Apabila ada mahasiswa Untad Palu yang ingin kuliah di USN kita welcome,” ujar Azhari seusai melepas pemberangkatan relawan USN Kolaka untuk Palu, Kamis (11/10).

Mahasiswa Untad yang ditampung itu akan menjadi mahasiswa titipan. Mereka tetap akan tercatat sebagai mahasiswa Untad. Dan jika Untad sudah siap menerima kembali, mereka akan dipulangkan kembali untuk melanjutkan kuliah di sana. “Sebagai salah satu PTN yang ada di Sulawesi, USN siap menerima apabila ada mahasiswa dari Untad yang datang dan ingin melanjutkan kuliahnya di sini. Dan mereka akan tetap sebagai mahasiswa Untad yang terdaftar di USN,” jelasnya.

Pasca gempa dan tsunami lalu, saat ini belum ada mahasiswa asal Sulteng yang mendaftar untuk melanjutkan kuliah di USN. Kendati demikian, jika ada, Azhari menjanjikan sejumlah kemudahan termasuk peluang mendapatkan beasiswa di kampus Merah Maron itu. “Tidak masalah bagi USN, malah kita akan permudah, dan bila memungkinkan kita juga akan berikan beasiswa kepada mereka,” tandasnya.

“Seandainya ada, kita akan tampung berapa saja sepanjang daya tampung masih cukup kita akan kasih mereka. Dan saya kira ini kewajiban bagi semua PTN, termasuk Unhas, Unhalu dan lain-lain juga, bukan hanya USN,” ujarnya menambahkan. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top