KOLAKA UTARA

November Kolaka Utara Gelar Festival Kuliner

KOLAKAPOS, Lasusua — Kolaka Utara menjadi salah satu daerah Bumi Anoa yang terkenal dengan kulinernya yang lezat dan bergizi. Terbukti dengan seringnya bumi Patampanua menjadi jawara kuliner dalam even kuliner tingkat provinsi. Tahun ini Kolaka Utara kembali menggelar Festival Kuliner pada 17 November mendatang di Pantai Beropa Desa Pitulua Kecamatan Lasusua,Kolaka Utara.

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kolaka Utara Muh.Idris bahwa dalam festival ini Kolaka Utara akan memperkenalkan makanan modern maupun tradisional khas Kolaka Utara yang di ikuti oleh penggiat kuliner dan para Organisai Pemerintah Daerah (OPD)di Bumi Patampanua.

“Untuk meramaikan festival kuliner ini OPD juga ikut terlibat, kita inginkan kegiatan kita ini menjadi ramai, kegiatannya dilaksnakan di pantai berova dan festival dilaksanakan jam 09.00 Wita.”katanya.

Lebih lanjut die menjelaskan bahwa pemerintah pusat menginginkan festival Kuliner Kolaka Utara masuk dalam kalender pariwisata nasional, pasalnya beberapa waktu Kolaka Utara sukses meraih rekor MURI menggelar festival kuliner terpanjang dirangkaiakan penanaman terumbu karang.

“Sebenarnya festival Kuliner Kolaka Utara pemerintah pusat ingin memasukkan dalam agenda tahunan, karena kita pernah meraih Rekor Muri dengan  menggelar Festival kuliner terpanjang,”katanya.

Sementara itu dikatakan Sri Rejeki Kepala Bidan Pemasaran Dinas pariwisata Kolaka Utara bahwa festival Kuliner memiliki dua Kategori yakni Kategori OPD memperlombakan makanan non beras, semenatara untuk penggiat kuliner mereka memperlomabakan, Makanan Nusantara Kue-Kue Tradisional,Roti dan Minuman Tradisonal.

“Untuk menu makanan Non beras adalah makanan berat, makanan lengkap tanpa makanan pembuka maupun penutup dan tiap peserta OPD Menyajikan 10 porsi makanan,”tandasnya.(Cr2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top