KOLAKA TIMUR

Dua Anak Potret Keluarga Ideal

KOLAKAPOS, Tirawuta — Wakil Bupati Koltim, Andi Merya Nur mengatakan, potret keluarga ideal adalah dengan dua anak cukup. Hal itu dikatakannya saat membuka rapat koordinasi program kependudukan keluarga berencana pembangunan keluarga tingkat Kabupaten Koltim, di Aula Kantor DPRD Koltim, Senin (15/10).

Saat membacakan sambutan tertulis bupati Tony Herbiansyah, Wakil Bupati menjelaskan, pencanangan dua anak cukup juga, merupakan suara gerakan reformasi program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) yang telah dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo. Utamanya pengendalian jumlah penduduk menjadi sangat penting ditinjau dari berbagai sudut pandang. Dari sisi kesejahteraan rakyat, pertumbuhan ekonomi yang dicapai tidak akan menimbulkan dampak positif yang berarti jika pertumbuhan penduduk tak terkendali bahkan mungkin mengalami kemunduran.

Jumlah penduduk yang besar akan menimbulkan permasalahan mulai dari pemukiman, lapangan kerja, kemanan, gizi buruk dan berbagai masalah lain yang bersumber pada jumlah penduduk yang terlalu besar.

“Peran pemerintah daerah dalam program KKBPK adalah sebagai motivator, artinya pemerintah daerah menjadi pendorong dan pemberi semangat. Fasilitator sebagai lembaga yang memberikan bantuan moril maupun materiil, mobilisator sebagai mengarahkan dan menggerakkan untuk melakukan sesuatu yang berkaitan dengan pembangunan untuk kepentingan bersama dan administrator pembangunan sebagai penyelenggara pemerintahan, kemasyarakatan dan penyelenggara pembangunan,” sebutnya.

Dikatakannya, dukungan manajemen pemerintah daerah dalam program KKBPK adalah pendataan keluarga yang dinamis tentang perkembangan penduduk, pasangan usia subur dan peserta Kbserta tahapan keluarga sejahtera yang dilakukan oleh pemerintahan desa bersama para kader dan pemutakhiran setiap tahun bersama petugas PKB/PLKB. Begitu juga dengan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan menggerakkan masyarakat terhadap pelaksanaan program KKBPK.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini, akan terwujud keluarga kecil bahagia sejahtera. Olehnya itu, kita jangan segan-segan mengkampanyekan “2 Anak Cukup” karena dengan 2 anak cukup merupakan potret keluarga ideal, yang merupakan keluarga sejahtera menjadikan kehidupan keluarga yang saling menghormati dan saling kasih sayang baik antara keluarga dengan keluarga lain dan masyarakat luas,” Harapnya. (m2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top