KONAWE SELATAN

Pemda Konsel Target 50 Desa Maju

Kepala DPMD Konsel Sahlul

KOLAKAPOS, Andoolo — Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mencatat hingga saat ini, Konsel masih memiliki 21 Desa tertinggal, Senin (15/10).

Kepala DPMD Konsel Sahlul mengatakan, Konsel saat ini masih memiliki 21 Desa tertinggal dari total 336 Desa.

“Jadi rinciannya, 21 Desa tertinggal, 291 Desa berkembang dan 20 Desa maju, Insyaallah tahun ini kita terget Desa maju bertambah lagi,” jelasnya.

Lanjutnya, sesuai target Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga sampai Tahun 2021 akan ada 100 Desa maju.

“Jadi target kita 100, namun di Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Konsel, tergetnya 50 Desa maju,” ungkapnya.

Ditambahkan Sahlul, 20 Desa maju ini terdistribusi dibeberapa Kecamatan dan paling banyak di Kecamatan Ranomeeto, selebihnya di Kecamatan lain.

“Sedangkan untuk Desa tertinggal, hampir semua berada di Kecamatan Laonti, untuk Desa maju parameternya yakni bagaimana mekanisme pemerintah berjalan dengan baik. Artinya semua institusi di Desa berjalan sesuai tupoksinya,” ungkapnya.

Kemudian sambung dia, bagaimana memanfaatkan Dana Desa (DD) dalam memenuhi kebutuhan dasar di Desa, infrastrukturnya, listrik, air dan lainnya.

“Sebenarnya Kecamatan Laonti beberapa kriteria Desa maju sudah dimiliki, hanya saja aksesbilitasnya yang tidak memadai karena tidak memiliki jalur darat, melainkan harus menggunakan jalur laut,” tutupnya. ( K5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top