METRO KOLAKA

5 Hari di Palu, Relawan USN Sasar Sejumlah Lokasi

Tim relawan USN Kolaka saat menyalurkan bantuan logistik di salah satu lokasi pengungsian korban gempa dan tsunami di Palu, Sulteng. FOTO : Tim Relawan USN Kolaka for Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Lima hari berada di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), tim relawan Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka telah menyasar sejumlah lokasi untuk melakukan pendistribusian logistik ke korban gempa dan tsunami. Tak hanya itu, relawan USN juga turut membantu menangani pemulihan psikologi anak-anak Palu yang trauma akibat gempa dan tsunami. Hal itu diungkapkan Koordinator relawan USN Kolaka peduli Palu, Basrawi saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Selasa (16/10).

Basrawi menjelaskan, sejak tiba di Kota Palu pada Selasa (12/10) lalu, tim relawan USN yang berjumlah 13 orang langsung bergabung dengan tim Aksi Cepat Tanggap (ACT). Sesaat setelah bergabung, tim relawan USN langsung bergerak bersama personel ACT untuk melakukan pendistribusian logistik ke posko-posko pengungsian. “Tim relawan USN Kolaka peduli Palu terbagi di dua titik wilayah, Palu Barat dan Palu Timur. Kami melakukan pendataan masyarakat korban yang belum mendapatkan bantuan dan mendistribusikan bantuan mulai dari pesisir pantai sampai ke gunung lokasi terjadinya gempa dan tanah longsor,” jelas Basrawi, kemarin (16/10).

Aktivitas pendistribusian itu, tambah Basrawi, dilakukan mulai pagi sampai malam hari. Tanpa mengenal lelah, relawan terus bergerak mendistribusikan logistik kepada para korban. Tim memfokuskan pendistribusian logistik kepada para korban yang berada di lokasi-lokasi yang kurang tersentuh bantuan.

Bahkan, terang Basrawi, tim relawan juga menjangkau salah satu kecamatan di Kabupaten Sigi. “Hari ini (kemarin, red) kami melakukan pendistribuasian logistik ke kecamatan Dolo, kabupaten Sigi. Hal itu dilakukan karena dari hasil investigasi tim, warga korban bencana di sana sangat membutuhkan beras dan perlengkapan bayi,” terangnya.

Basrawi menambahkan, tim relawan USN bersama ACT juga melakukan penanganan trauma terhadap anak-anak korban bencana. “Pada hari sebelumnya juga, relawan USN Kolaka turun bersama relawan Turki dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI),” tandasnya. (kal)

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 13 relawan USN Kolaka diberangkatkan dengan membawa 30 ton bantuan logistik ke Palu, Kamis (11/10). Relawan terdiri dari mahasiswa USN yang berkecimpung di bidang pertolongan UKM SAR, Mapala dan PMI. Pemberangkatan dilepas langsung oleh Rektor USN Kolaka, Azhari. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top