BOMBANA

Andi Nirwana Tinjau RTH Kecamatan

KOLAKAPOS, Rumbia — Selama ini Ruang Terbuka Hijau (RTH) kabupaten Bombana terpusat di ibu kota saja. Namum tahun ini RTH masing-masing ada di setiap Kecamatan. Selain untuk keindahan dan kerindangan, RTH juga sebagai wadah untuk kehidupan manusia, baik secara individu maupun berkelompok, serta wadah yang menampung aktivitas manusia dalam suatu lingkungan.

RTH Kecamatan ini, salah satu gagasan dari ketua Tim penggerak PKK kabupaten Bombana Andi Nirwana Tafdil. Melalui kesatuan gerak PKK yang dipimpinnya, mampu mewujudkan area khusus untuk taman bagi masyarakat.

Andi Nirwana didampingi Bupati Bombana H. Tafdil beserta anggota TP PKK lainnya, mulai mengunjungi Pulau Kabaena. Selain menghadiri pekan olahraga dan seni jelang HUT Bombana Ke -15,  kegiatan itu dimanfaatkan untuk menilai RTH yang digagasnya sejak April Lalu.

Tiap kecamatan disambanginya, guna memberi masukan atas  fungsi dan makna RTH tersebut. Bahkan kehadiran RTH itu sengaja dibuatkan lomba, sebagai bentuk penyemangat bagi PKK Kecamatan dalam berkreasi di wilayahnya masing-masing.

Saat dikonfirmasi, Andi Nirwana menjelaskan RTH yang digagasnya memiliki multi fungsi. Diantaranya untuk taman hijau, penyeimbang polusi, area santai hingga bisa dijadikan taman baca untuk masyarakat.

“Dimana-mana, yang namanya RTH itu punya multi guna. RTH bisa berfungsi sebagau ekologis, bisa pula untuk area hiburan atau tempat santai. Bahkan dizaman saat ini, banyak yang gunakan RTH itu sebagai lokasi diskusi hingga Taman baca. RTH juga memiliki nilai estetik. Misalnya punya kerindangan hingga bunga yang warna warni,” jelasnya.

Penialian dimulai dengan meninjau lokasi RTH diwilayah kecamatan Kabaena Barat. Lalu, ke kecamatan Kabaena , menyusul Kabaena Selatan.

Tiap kunjungan disambut dengan aneka jamuan. Misalnya di Kabaena Selatan, rombongan ketua TP PKK bersama Bupati disambut dengan tarian anak-akan taman kanak-kanan. Sementara di Kecamatan Kabaena disambut dengan tarian penyambutan tamu. Rombongan lalu bergegas ke Kabaena Timur, Kabaena Tengah dan terakhir Kabaena Utara.

Sementara itu, Bupati Bombana H.Tafdil mengatakan sangat mendukung program inovasi PKK Bombana. Dia mengatakan RTH Kecamatan akan dikembangkan. Salah satunya untuk jadi ruang baca dengan menyaipkan buku-buku melalui Dinas Perpustakaan.

” RTH banyak fungsinya, dengan banyaknya bunga-bunga warna warni itu bisa penghilang kepenatan, dan bisa mengurangi polusi. Saya sangat aptesiasi ide kreatif ketua PKKnya, dan kami sangat mendukung itu,” tukasnya. (K6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top