METRO KOLAKA

Pedagang Pasar Lamekongga Keluhkan Sampah

Tumpukkan sampah di parkiran Pasar Lamekongga. FOTO : Mirwanto/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Tumpukan sampah terlihat di halaman parkir Pasar Lamekongga, kecamatan Wundulako, kabupaten Kolaka. Sejumlah sampah seperti plastik, kardus dan pembungkus makanan menumpuk lantaran tidak terlihat ada tempat sampah.

Kondisi itu membuat pedagang dan pengunjung pasar risih. Pasalnya, pemandangan dan bau busuk menyengat tak terhindarkan dari aktivitas mereka. “Busuk sekali, kita saja yang menjual di sini terganggu juga sebenarnya, tapi mau diapa sudah lama begini kita rasakan,” ujar salah seorang pedagang di bagian belakang pasar tersebut yang tak mau namanya dikorankan, kemarin (19/10).

Bahkan menurutnya, sampah tersebut harusnya dibersihkan karena pengelola pasar selalu menarik retribusi kepada para pedagang.

Hal senada juga dikeluhkan salah seorang pengunjung pasar, Ira (40). Menurutnya, parkiran tersebut kini tidak berfungsi karena jadi tempat pembuangan sampah. “Bagiamana mau kita parkir di sini kalau banyak sampah. Busuknyami mana parkirannya becek kalau hujan, kotor sekali,” keluh Ira.

Dia juga menyayangkan bahwa seharusnya parkiran terus berfungsi mengingat parkiran tangan dan di depan pasar sangat sempit mengganggu lalu lintas saat pasar ramai. “Karena tidak berfungsi disini, makanya banyak yang parkir di jalan di bagian depan, jadi pasti macet kalau hari pasar ,” ungkapnya sembari berharap pengelola pasar ataupun dinas terkait bisa mengatasi hal itu. (mir/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top