BOMBANA

Rusak Mesin, KM Sumber Poleang Terdampar di Tengah Laut

KOLAKAPOS, Rumbia — Kapal komersil rute Poleang Kabaena KM Sumber Poleang milik salah satu pengusaha ternama di kecamatan Poleang Ambo Pinang terdampar di tengah perairan laut Fising,Jumat (19/20).

Kapal yang berangkat sejak pukul 10.30 dan di jadwalkan tiba di Poleang pukul 13.30 wita itu telah mengalami kerusakan mesin sekitar pukul 12.15 wita dan kembali melanjutkan perjalanan sekitar pukul 14.30 wita.

Menurut masinis kapal Sudi saat dikonfirmasi oleh beberapa awak media yang juga penumpang kapal tersebut mengatakan bahwa telah terjadi kerusakan pada salah satu alat mesin yakni ingiespan dan plat ingies yang mana alat tersebut berfungsi sebagai pompa bahan bakar minyak.

“Ingiespan ini berfungsi sebagai pompa minyak kalau rusak otomatis mesin tidak akan bunyi. Kami punya dua mesin di kapal ini dan onderdil ingiespan masih ada dan kita perbaiki untuk melanjutkan perjalanan ini,” ungkapnya .

Pada perjalannya kali ini KM Sumber Poleang membawa penumpang sebanyak kurang lebih 80 orang dan 13 kendaraan roda dua. Berdasarkan informasi Kepala Dinas Perizinan kabupaten Bombana Pajawa Tarikan bahwa kapal ini belum cukup sebulan izin trayeknya terbit.”Benar saya yang berikan izin terbit berdasarkan rekomendasi dari dinas perhubungan kabupaten Bombana selaku instansi tehnis yang menganangi soal pelayaran kapal,”ungkapnya.

Untuk diketahui masalah transportasi laut yang ada di kabupaten Bombana ini bukan kejadian yang pertama kali. Bulan ini sudah tercatat dua kapal yang bermasalah yakni KM Sumber Poleang dan KM Citra Bombana 10 Oktober tali kemudi putus(K6/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top