METRO KOLAKA

Kadinsos Kolaka Mustajab: Proyek Pembangunan Keserasian Merupakan Usulan Masyarakat

KOLAKAPOS, Kolaka — Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui dinas Sosial Kabupaten Kolaka mengingakan kepada kelurahan dan desa yang mendapatkan bantuan program Keserasian Sosial untuk bisa menjaga dan memanfaatkan dengan baik pasalnya semua pembangunan fisik yang dilakukan dengan menggunakan dana keserasian adalah usulan dari masyarakat itu sendiri.

Kepala Dinas Sosial Kolaka Mustajab mengatakan
bentuk pelaksanaannya, sesuai dengan keinginan masyarakat melalui musyawarah desa atau. Ia memberikan contoh seperti masyarakat keluarahan watuliandu membangun jalan rabat beton menuju pekuburan. Setelah semua sarana dan prasarana ini dibangun, maka Dinas Sosial memberikan pengarahan kepada masyarakat desa bahwa bantuan tersebut harus dijaga dan dipelihara baik-baik, sebagaimana arahan dari Kementerian Sosial.

“Program ini merupakan langkah dan upaya untuk melakukan tindakan pencegahan agar potensi konflik yang ada di masyarakat tidak berubah menjadi konflik terbuka. Tindakan pencegahan ini diwujudkan dengan melakukan aksi perdamaian melalui agenda kegiatan yang bertujuan menciptakan dan kohesivitas kelompok-kelompok di masyarakat.

“Penanggulangan bencana tidak selalu diukur dengan bencana alam alam saja, tapi bencana sosial sangat penting untuk ditanggulangi, karena bencana sosial tidak hanya mengakibatkan timbulnya korban jiwa tapi juga dampak psikologis,” kata Mustajab.

Lanjut ia mengatakan program Keserasian Sosial yang dilaksanakan oleh Kementerian Sosial ini dibentuk dengan mengadakan kegiatan sosial baik fisik maupun non fisik yang melibatkan masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan dan pengawasan agar tercipta kehidupan sosial yang harmonis dan penuh persaudaraan yang dilandasi dengan semangat saling menghargai, saling menghormati antar golongan dan kelompok yang berbeda asal-usulnya.
“Yang beruntung mendapatkan bantuan keserasian yaitu di Watuliandu dan Tamboli,” ungkapnya. (hud/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top