BERITA UTAMA

Pindah Memilih di Dapil lain, Caleg tak Bisa Pilih Dirinya

KOLAKAPOS, Kolaka — Beberapa calon anggota DPRD Kolaka tercatat mencalonkan diri di daerah pemilihan yang berbeda tempat mereka terdaftar sebagai pemilih, sehingga mereka terancam tidak dapat memilih dirinya sendiri. Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Kolaka, Nur Ali 22/10.
“Kita abaikan calegnya, tapi prinsip dapil bagi pemilih adalah bahwa pemilih dapat memilih di dapil lain sepanjang dia tidak diberikan surat suara dprd kabupaten, artinya hanya bisa memilih Presiden, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi,” paparnya.
Lanjutnya hal tersebut diatur dalam Pkpu nomor 11 tahun 2018 tentang Penyusunan Daftar Pemilih di Dalam Negeri dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.”Kecuali dia memilih di kecamatan lain yang masih satu dapil itu dengan TPS asalnya, bisa dia memilih dprd kabupaten,” terangnya.
Nur Ali juga mengatakan Pemilih yang akan pindah TPS diwajibkan mengurus surat pemberitahuan pindah TPS maksimal tiga puluh hari sebelum pemungutan suara, agar identitasnya dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) di TPS tujuan.
“Untuk pindah memilih juga mereka harus melapor ke PPS atau KPU untuk mendapatkan surat pemberitahuan pindah memilih paling lambat 30 hari sebelum hari H,” ujarnya.
Nur Ali juga berharap para wajib pilih yang masih bingung mengenai hal tersebut dapat menghubungi PPS, PPK atau langsung ke KPU Kabupaten Kolaka, untuk mendapatkan penjelasan. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top