MUNA

Cair, BOS Rp 7,6 Miliar untuk SD dan SMP di Muna

KOLAKAPOS, Raha — Setelah lama ditunggu, akhirnya dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan III untuk SD dan SMP se kabupaten Muna sebesar Rp7,6 miliar cair. Pasalnya, dana Bos tersebut terdiri dari SD sebesar Rp4.831.040.000 dengan jumlah siswa 30.199 orang. Sementara untuk SMP sebesar Rp2.769.280.000 dengan jumlah siswa 13.846 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muna, Ashar Dulu mengatakan, dana BOS triwulan III sudah di transfer ke nomor rekening sekolah dan bisa langsung dicairkan oleh sekolah penerima bantuan tersebut. “Kegiatan penyaluran dana BOS ini berjalan normal sesuai dengan tahapan-tahapan yang direncanakan dalam petunjuk operasionalnya dan juga pelaksanaannya sesuai dengan tahapan-tahan yang direncanakan oleh sekolah,” ucapnya

Menurut Ashar, dana BOS ini berfungsi untuk membiayai operasional sekolah yang meliputi proses pembelajaran hingga proyek rehabilitasi sekolah yang tidak memakan anggaran besar seperti pemeliharaan ringan, honor guru, belanja alat tulis kantor (ATK), hingga pengadaan buku penunjang pelaksanaan kurikulum tahun 2013 (K13). “Alhamdulillah dengan regulasi pemerintah pusat kegiatan sekolah yang di danai langsung melalui dana transfer BOS, maka semua kegiatan-kegiatan di sekolah berjalan sesuai perencanaan yang dilakukan oleh sekolah. Sekolah juga tidak lagi tergantung dengan APBD dalam memenuhi kebutuhannya. Harapannya, kegiatan ini terus berjalan supaya sekolah tidak lagi tergantung pada kebijakan-kebijakan daerah,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Manajer BOS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna, Sarmada mengungkapkan, dana BOS keseluruhan untuk SD dan SMP di Muna yakni mencapai Rp39,5 miliar pertahun. “Jumlah keseluruhan dana BOS untuk SD yakni sebesar Rp25.140.000.000 dengan jumlah siswa 31.425 orang. Kemudian, SMP yakni Rp14.452.000.000 dengan jumlah siswa 14.425 orang,” tutupnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top