BERITA UTAMA

Ririn Dirjen Perbendaharaan Sultra: Kolaka Harus Pertahankan WTP

Ketgam :Penyerahan piagan WTP dari kementerian keuangan yang di serahkan oleh Kanwil dirjen perbendaharaan Sultra Ririn Kadariah kepada Bupati Kolaka H. Ahmad Safei. FOTO: Dadang Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Pemerintah Kabupaten Kolaka mendapat apresiasi dari Dirjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara. Peraihan dua tahun Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) membuat Kolaka harus bekerja keras untuk mempertahankan WTP yang ketiga kalinya.

Ririn Kadariah Kanwil Dirjen perbendaharaan Sultra mengatakan pencapaian kabupaten Kolaka yang telah mendapat WTP sejak 2016 hingga 2017 merupakan prestasi yang membanggakan dan perlu dipertahankan. Karena itu diharapkan prestasi bisa dipertahankan pada tahun 2018 ini.

“Prestasi mendapat WTP dua kali secara turut menurut adalah prestasi yang baik dalam pengelolaan keuangan. Walaupun masih ada catatan beberapa item yang harus di perbaiki. Intinya pemerintah Kolaka harus bisa mengurangi item yang ada untuk berkurang pada tahun berikutnya.

Lanjut ia mengatakan perolehan WTP bisa di banggakan oleh semua Organisasi Perangkat daerah (OPD) namun yang perlu diketahui peraihan WTP tidak bisa dilakukan hanya oleh Dinas pengelolaan keuangan daerah namun semua elemen yang ada harus ikut membantu memberikan laporan yang baik dan benar serta tepat waktu.
“Laporan keuangan bukan hanya tanggungjawab Dinas pengelolaan keuangan daerah namun tanggung jawab OPD, Lurah dan kepala desa.Semua elemen bertanggung jawab akan prestasi WTP Kolaka.

Sementara itu Bupati Kolaka H. Ahmad Safei mengatakan pencapaian WTP selama dua kali merupakan kebanggaan. namun menjadi peringatan kepada semua kepala dinas, pasalnya jika ada OPD yang lalai dalam melakukan laporan dan berakibat Kolaka tidak mendapat WTP pada tahun selanjutnya maka OPD tersebut dipastikan akan mendapat sangsi.

“Kalau ada OPD penyebab gagalnya WTP, maka pimpinan OPD tersebut harus menanggung resikonya. Kalau jenis resikonya kepala SKPD sudah tau, dan itu adalah resikonya,” kata Safei (hud/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top