KONAWE SELATAN

20 Warga Konsel Terpilih Umrah Gratis

Pemda Kerjasama dengan Patuna Travel Gelar Manasik Umrah

KOLAKAPOS,Andoolo–Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konsel, melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) bekerjasama dengan Patuna Travel Perwakilan Kendari, menggelar kegiatan manasik Umrah kepada 20 warga yang terpilih untuk menunaikan ibadah Umrah bertempat di salah satu hotel di Kendari, Sabtu (28/10).
20 orang ini, merupakan masyarakat Konsel yang dipilih atas jasa-jasanya dalam pembanguan daerah, khususnya pengembangan kegiatan keagamaan kepada warga sekitar, yang bekerja dengan ikhlas tanpa mengharapkan pamrih yang pembiayaan operasional sehari-harinya bersumber dari dana pribadi mereka.
“Kegiatan ini, salah satu bentuk realisasi program kerja Bupati Konsel sesuai visi misinya melalui bagian Kesra, yang tertuang dalam RPJMD dalam rangka meningkatkan Iman dan Taqwa bagi seluruh lapisan masyarakat,” jelas Kabag Kesra Setda Konsel, Hamlin S Ode Maka.
Umrah ini lanjut Hamlin, merupakan reward yang diberikan Pemda secara cuma-cuma kepada masyarakat yang terpilih dan berprestasi, diantara peserta terpilih diantaranya yakni Kades yang meraih juara I dalam pengelolaan Dana Desa terbaik, juara I Fahmil dan Syahril Al-Qur’an pada lomba MTQ tingkat Provinsi Sultra 2018, pengasuh TPA/Guru mengaji yang telah menamatkan ratusan santrinya.
Untuk keberangkatannya, tambah Hamlin, rencanannya akan dilepas langsung oleh Bupati Konsel pada 2 November 2018, dan berangkat dari Konsel-Jakarta 4 November, lanjut Jakarta-Jeddah 5 November dan kembali ke tanah air pada tanggal 13 November, yang selanjutnya pulang ke Konsel 14 November 2018, dengan bekerjasama dengan pihak Patuna Travel, sebagai salah satu pelaksana perjalanan umrah dan haji terbaik, yang telah memasukan penawarannya dengan paket hemat dan lengkap.
“Pembiayaan kegiatan ini secara keseluruhan bersumber dari dana APBD kurang lebih Rp700 juta, kedepan akan terus kita kembangkan dan tingkatkan baik dari segi nilai penganggaran maupun jumlah peserta, sehingga terbuka kesempatan bagi warga yang lainnya, yang belum sama sekali ke tanah suci utamanya dari kalangan tidak mampu,” tandas Hamlin.
Sementara itu, menurut Rustam Kepala Perwakikan Patuna Travel mengatakan hingga kini, persiapan sudah dimatangkan setelah melaui beberapa tahapan termasuk urusan administrasi/dokumen imigrasi, suntik vaksin meningitis serta kegiatan manasik, sehingga peserta siap diberangkatkan pada waktu yang telah ditentukan.
“Maskapai yang kami gunakan untuk penerbangan pergi – pulang adalah Garuda Airlines, dimana semua kebutuhan calon jamaah kami tanggung baik akomodasi, transportasi hingga pemberian uang saku,” jelasnya.
Atas nama perusahaan, lanjut Rustam mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pemda dan para calon jamaah, karena telah memilih Patuna sebagai mitra perjalanan ibadahnya, yang tentunya akan memberikan pelayanan terbaik mulai dari keberangktan hingga kepulangan ke tanah air.
Untuk diketahui, manasik haji dipandu langsung oleh Ustadz H. Ali Murtado yang pada kesempatan tersebut mengajarkan tata cara memasuki Ka’bah beserta Doa, termasuk cara penggunaan pakaian Ihram pria dan wanita, serta tata cara menyelesaikan umrah, sekaligus pembagian Koper dan pakaian ihram. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top