KONAWE

KPUD Konawe Sasar Pemilih Pemula

Ketua KPUD Konawe,FOTO: Muh. Azwar.ketgam

KOLAKAPOS,Unaaha–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe, terus membidik para pemih pemula khususnya dari kalangan pelajar, dalam menyalurkan suaranya pada pemihan umum (Pemilu) 2019 nanti. Caranya dengan melakukan kunjungan langsung ke Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).
Program yang dinamai KPU Goes to School ini guna mensosialisasikan kepada pemilih pemula tentang pentingya hak suara dalam pemilihan umum nanti, hal ini sesuai nilai demokrasi yang dianut bangsa saat ini.
Selain itu, kunjungan KPUD Konawe ke sekolah-sekolah guna mendorong dan meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam menyalurkan hak suaranya dalam pemilihan, baik itu pemilu maupun pemilihan yang diselenggarakan oleh negara.
“Kita ada pengalaman yang baik di Pilkada kemarin. Angka 87 persen tingkat partisipasi masyarakat sangat tinggi. Kedepan kita targetkan bisa mencapai 90 persen lebih partisipasi masyarakat ini,” kata ketua KPUD Konawe, Muh. Azwar.
Setiap kunjungan yang dilakukan komisioner KPU, lanjut Azwar, pihaknya selalu mengingatkan kepada para pemilih pemula untuk tidak menyia-nyiakan hak suaranya dengan menerima suap berupa barang atau sejenisnya, dengan maksud membantu suatu partai atau seseorang untuk dipilih.
“Melawan money politic juga kita sampaikan kepada pemilih pemula ini, sebab kita harapkan agar generasi penerus kita ini tidak menyia nyiakan haknya hanya karena pemberian berupa barang, uang atau apapun itu dengan maksud meminta dukungan,” terangnya.
Azwar, selalu sampaikan bahwa siapapun calon yang mengeluarkan uang untuk membeli suara diindikasikan setelah terpilih nanti akan menyalahgunakan kekuasaannya untuk mengembalikan sejumlah uang yang telah dikeluarkan sehingga kualitas untuk bekerja sesuai apa kewajibannya tidak akan maksimal.
“Bahwa memberi dan menerima uang dengan tujuan supaya memilih calon tertentu merupakan pelanggaran pemilu dan ada sanksinya,” tutup Azwar. (m4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top