BERITA UTAMA

Lagi, Transportasi Laut di Bombana Berulah

Laode Haliqfat/Kolaka PosWarga penderita asma terpaksa menggunakan katinting menuju rumah sakit karena tak bisa dimuat oleh KM Citra Bombana.Laode Haliqfat/Kolaka Pos

KOLAKAPOS,Rumbia--Ironis! Belum hilang dari ingatan publik terkait masalah transportasi laut di kabupaten Bombana, yang sebelumnya kapal putus tali kemudi dan rusak mesin di tengah laut. Kini kapal reguler pengangkut penumpang rute Kabaena-Kasipute lainnya buat masalah baru.
Hal itu terungkap ketika salah seorang pasien penderita penyakit asma Nurmaya, asal Kabaena harus dimuat menggunakan kapal katinting.
Juharia (50) orang tua penderita asma itu menuturkan, alasan penolakan itu menurut pihak kapal bahwa kapal dalam keadaan penuh. “Kami tidak mendapatkan tumpangan oleh pemilik kapal dengan alasan penuh, sementara kami penumpang pertama yang sudah mendaftar, tapi tetap saja kami tidak diberikan tempat,” ungkap Juharia.
Sebagai solusi, terpaksa Juharia harus merogoh kocek sebesar Rp2 juta guna menyewa katiting buat anaknya untuk dirujuk ke RSUD Bombana.
Sementara itu, pemilik KM Citra Bombana H. Tahang mengungkapkan, dirinya tidak punya niatan untuk menolak penumpang penderita asma, namun ia tidak ingin penderita penyakit asma itu harus berdesakan dengan penumpang lainnya.
“Memang benar kapal dalam keadaan penuh, sehingga tidak memungkinkan untuk Nurmaya penderita asma berdesakan dengan penumpang lain, dia harus ditempatkan di tempat khusus, intinya kami tidak punya niatan untuk menolak penumpang,” terangnya.
Terkait masalah tersebut, anggota DPRD Bombana Heryanto, sangat menyayangkan kejadian tersebut, dirinya akan menemui dinas perhubungan dan dinas kesehatan untuk membicarakan persoalan tersebut, agar kedepannya tidak ada kejadian serupa yang menimpa warga.
Heryanto menduga, kapal penumpang ini hanya mengejar profit saja, tanpa mementingkan aspek sosial, sementara penumpang yang lagi sakit harus lebih diprioritaskan.
“Saya akan menemui Dinas Kesehatan terkait ambulance laut, kalau memang belum ada saya akan perjuangkan untuk diadakan ambulance laut dipembahasan APBD nanti,” ungkapnya. (k6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top