KOLAKA TIMUR

Pembangunan Jalan Langgapulu-Namu Tunjang Pengembangan Pariwisata

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga, ST., MM saat memantau progres pembangunan jalan Langgapulu - Namu.FOTO:Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS,Andoolo--Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST., MM meninjau perkembangan pembangunan ruas jalan, yang menghubungkan Desa antara dua Kecamatan, yakni Desa Langgapulu, Kecamatan Kolono Timur dan Desa Namu, Kecamatan Laonti, Sabtu (28/10).
Peninjauan tersebut, Bupati Konsel didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU-TR) Ichsan Porosi, ST., M.TP, Kadis Perhubungan Sajuddin Idris, SH. M.Si, Camat Kolono Timur Hamsir, SP., M.Si, dan Kepala Bagian Humas Setda Konsel Hermawan, S.Sos.
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga usai meninjau ruas jalan langsung menggelar rapat yang dihadiri OPD terkait dan masyarakat Desa Namu, mengatakan peninjauan tersebut bertujuan agar akses jalur darat dapat terselesaikan sesegara mungkin, sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama pihak terkait.
“Sehingga jarak tempuh jalan darat yang menghubungkan dua kecamatan yang selama ini hanya via laut, bisa segera diakses masyarakat setempat, sehingga roda perekonomian dapat berjalan dan berkembang lebih baik dan lebih cepat lagi, khususnya bagi warga masyarakat kecamatan Laonti,” jelasnya.
Lanjutnya, pembuatan jalan ini dilakukan dalam upaya mengeluarkan Laonti, khususnya Desa Namu dari kawasan tertinggal, selain itu pihaknya juga telah perintahkan kepada pihak terkait untuk dikebut pengerjaannya dengan target tahun 2018 sudah tembus dan pada tahun 2019, sudah dapat dilalui kendaraan roda dua maupun empat.
“Jalan ini sebagai penunjang pengembangan tujuan destinasi wisata Desa Namu dan Air Terjun Desa Moramo, yang akan menjadi target terpadu dan fokus pengembangan di bidang kepariwisataan Pemda Konsel untuk tahun anggaran 2019 nantinya, termasuk bantuan pengerjaan pembangunan rumah tidak layak huni dan peralatan pendukung wisata lainnya di tempat ini,” papar Surunuddin.
Ditambahkannya, wilayah Desa Namu sudah ditetapkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi wisata, olehnya itu diharapkan Kades dan warga harus mulai berfikir potensi unggulan apa, yang bisa dikembangkan dalam rangka mendorong percepatan pembangunan wilayah, dengan mensinkronkan antara program Desa dan program OPD yang ada di Kabupaten.
“Untuk mendukung pengembangan kawasan pariwisata Namu yang terintegrasi dengan Program OPD lingkup Pemda, saya perintahkan masing-masing OPD agar turut mengambil peran, agar Desa Wisata Namu segera terbentuk dan tertata dengan baik dan cepat, yang berdampak terhadap peningkatan ekonomi dan penurunan angka kemiskinan menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat,” tegasnya.
Usai memantau pembangunan jalan dan berkunjung ke Desa Wisata Namu, Bupati Konsel bersama rombongan juga meninjau lokasi permandian Air Terjun Moramo di Desa Sumber Sari, yang juga salah satu andalan objek wisata dan target pengembangan wisata tahun 2019 Pemda Konsel. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top