BERITA UTAMA

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Jadi Momentum Menjaga dan Melestarikan Alam

Upacara bendera di atas air dalam rangka peringatan hari sumpah pemuda di pantai Malaha, kecamatan Samaturu, kabupaten Kolaka, Minggu (28/10).ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS,Kolaka–Merdeka! Kalimat itu begitu sakral di saat masa perjuangan Indonesia untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan.Di zaman now, kata merdeka tak perlu lagi diteriakan. Namun, generasi penerus dituntut menjaga amanah perjuangan para leluhur.
Nah, melalui peringatan sumpah pemuda tahun ini, diharapkan menjadi momentum untuk menggelorakan semangat pemuda dalam menjaga dan melestarikan alam Indonesia. Seperti yang dilakukan puluhan pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pencinta Alam (KPA) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) se-kabupaten Kolaka, yang memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober di pantai Malaha, kecamatan Samaturu, kabupaten Kolaka.
Menurut ketua Mapala USN Kolaka Muh. Faisal, kegiatan yang berlangsung 27-28 Oktober ini, bertujuan agar pemuda Indonesia terkhusus Komunitas Pencinta Alam, untuk menghargai pejuang pemuda dan mengenang para pahlawan serta menjaga kelestarian alam dan lingkuangan, yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka.
“Kegiatan ini adalah bentuk penghargaan kami terhadap pejuang pemuda-pemudi Indonesia, sarana bagi kami mengenang perjuangan para pahlawan bangsa, dan juga ini adalah bentuk pengabdian kepada bangsa dan tanah air, dalam hal ini kami komunitas pencinta alam mengabdi dalam hal menjaga dan melestarikan alam,” ujar Muh. Faisal, Minggu (28/10).
Kegiatan yang mengangkat tema “Peran Pemuda dalam menjaga dan melestarikan alam Indonesia” tersebut diawali dengan seminar lingkungan dan dilanjutkan keesokan harinya dengan upacara bendera di atas air dan diakhiri bakti lingkungan sepanjang pesisir pantai Desa Malaha. (ist)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top