MUNA

Semangat Sumpah Pemuda Ditransformasikan Untuk Membangun Muna

Bupati Muna LM Rusman Emba saat melepas peserta lomba gerak jalan 28 kolometer dimalam peringatan hari Sumpah Pemuda.FOTO:Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS,Raha–Ikrar sumpah pemuda dalam kongres pemuda II yang diselenggrakan pada 27 hingga 28 Oktober 1928 silam, menegaskan cita-cita pembentukan tanah air Indonesia. Kini, diusianya yang ke 90, 28 Oktober 2018 sebagai bentuk hormat terhadap momen bersejarah tersebut, instansi pemerintahan serta pemuda-pemudi rutin melakukan berbagai macam kegitan menarik. Hal tersebut juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Muna. Pasalnya, dalam memperingati hari Sumpah Pemuda kali ini, Pemkab Muna melalui Dinas Pemuda dan Olahraha (Dispora) menggelar lomba gerak jalan 28 kilometer.
Bupati Muna, LM Rusman Emba dalam sambutannya mengatakan, filosofi Sumpah Pemuda adalah persatuan. Dimana pada 90 tahun silam, seluruh pemuda dari berbagai penjuru Indonesia bersatu diantaranya Jong Sulawesi, Jong Jawa hingga Jong Ambon. Maka, berdasarkan filosofi tersebut, Rusman mengajak seluruh Pemuda dan Pemudi Muna agar terus menanamkan spirit persatuan dan kebersamaan. “Semoga semangat Sumpah Pemuda ini, akan bertransformasi dalam pikiran kita sehingga kita dapat bersama-sama membangun kabupaten Muna. Mari bersama kita jaga semangat persatuan kita,” pintah orang nomor satu di Bumi Sowite ini saat membuka lomba gerak jalan 28 kilometer di Sarana Olahraga (SOR) Laode Pandu jalan bypas kota Raha, Sabtu malam (27/10).
Pasangan Abdul Malik Ditu ini juga mengucapkan rasa terimakasihnya pada Dispora Muna atas terselanggaranya kegiatan lomba gerak jalan 28 kilometer yang dilangsungkan dimalam peringatan hari Sumpah Pemuda. “Ini kegiatan yang sangat luar biasa yang dilakukan Dispora. Dengan adanya kegiatan di hari sumpah pemuda ini, maka akan timbul rasa semangat kebersamaan yang tinggi dari semua sektor,” katanya
Ditempat yang sama, Plt Kadispora Muna LM Syukur Akbar mengatakan, lomba gerak jalan 28 kolometer tersebut diikuti oleh 38 barisan. Satu barisan berjumlah 28 orang. Para peserta terdiri dari kalangan pelajar SMA sederajat dengan 11 barisan, Organisasi Perangakat Daerah (OPD) 17 barisan dan organisasi kepemudaan dan komunitas 10 barisan. “Rutenya star di SOR Laode Pandu, kemudian berkeliling di jalan dalam kota Raha, lalu menuju ke desa Dana kecamatan Watupute. Setelah tiba di Kecamatan Watupute, seluruh peserta beristirahat kemudin kembali melanjutkan perjalanan menuju finis di SOR Laode Pandu,” terangnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top