Uncategorized

70 Komputer Layani 3.818 Peserta CPNS

1.953 Asal Kolaka dan 1.865 Dari Kolut

KOLAKAPOS,Kolaka–Ujian Computer Assested Test (CAT) bagi para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Kolaka tampaknya akan menguras tenaga dan waktu panitia seleksi. Pasalnya, peserta tes yang akan melakukan ujian di Kolaka berasal dari dua daerah sekaligus. Selain Kolaka, pelamar CPNS di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) juga dipastikan ikut tes di Kolaka. Jumlah peserta tes dari dua daerah itu cukup banyak. Sementara kapasitas komputer yang tersedia terbatas.
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kolaka, Mujahiddin mengatakan jumlah peserta CPNS yang akan mengikuti ujian di Kantor BKSDM Kolaka sebanyak 3.818 peserta. Dengan rincian, untuk CPNS Kolaka sebanyak 1.953 peserta, dan Kolut 1.865 peserta. Sementara untuk jumlah komputer yang disediakan panitia sebanyak 70 unit.
Dengan kondisi seperti itu, jelas Mujahiddin, maka pelaksanaan tes CAT bagi pelamar CPNS di dua daerah itu diperkirakan akan memakan waktu hingga 10 hari. Sebab panitia akan menerapkan pelaksanaan ujian lima sesi perhari, dengan durasi pengerjaan soal ujian selama 90 menit. Dengan melihat jumlah komputer sebanyak 70 unit, maka dipastikan dalam sehari ujian hanya dapat diikuti 350 peserta.
“Ujiannya dibagi lima sesi perhari dengan waktu 90 menit per sesi. Mulai dari pagi sampai sore hari. Dimana dalam satu sesi akan diisi oleh 70 peserta sesuai jumlah komputer yang disiapkan untuk pelaksanaan CAT,” ungkap Mujahiddin, Senin (29/10).
Mujahiddin juga mengungkapkan hingga kemarin (29/10), pihaknya belum menerima jadwal resmi pelaksanaan tes dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Meski demikian, jadwal tes untuk Kolaka dan Kolaka Utara diperkirakan akan dimulai awal November nanti. “Kalau di Kendari pelaksanaan tesnya mulai besok (hari ini, red). Kita di Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur belum ada. Tapi mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah ada informasi resmi dari BKN. Saya perkirakan minggu pertama bulan November sudah ada jadwal,” jelasnya.
Dia juga mengingatkan para peserta CPNS Kabupaten Kolaka yang sudah dinyatakan lulus administrasi agar segera mengambil kartu ujian di BKPSDM Kolaka. Sebab jika ada peserta yang tidak mengambil kartu ujian itu sehari sebelum pelaksanaan tes dimulai, maka dipastikan peserta tersebut tidak dapat mengikuti tes. “Kalau yang berdomisili di luar Kolaka kami beri kebijakan kartu ujiannya dapat diambil sehari sebelum pelaksanaan tes,” tandasnya. (kal)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top