BERITA UTAMA

BPJS Kesehatan Permudah Pelayanan Melalui Rujukan Online

Kepala Puskesmas Lambandia, Gunawan.

KOLAKAPOS, Tirawuta — Guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus melakukan terobosan baru, kali ini BPJS Kesehatan mulai melakukan program terbarunya yakni penerapan sistem rujukan online, dimana program ini diharapkan peserta dapat memperoleh kemudahan dan kepastian layanan di fasilitas kesehatan.

Kepala Puskesmas (Kapus) Lambadia Gunawan, mengungkapkan manfaat yang dirasakan dari penerapan sistem rujukan online di Puskesmas Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur sangat membantu masyarakat peserta BPJS kesehatan dalam melakukan pengobatan.

“Rujukan online sangat bermanfaat dan memudahkan karena rujukan akan tertuju kepada rumah sakit sesuai dengan diagnosa penyakitnya, sehingga tidak ada lagi pasien yang terlantar karena tidak ada dokter di rumah sakit. Dengan rujukan online ini maka dokter yang dituju sudah dipastikan ada di rumah sakit,” ungkap Gunawan saat ditemui media ini.

Menurutnya, manfaat kemudahan dan kepastian layanan yang menjadi tujuan hadirnya sistem rujukan online telah dirasakan oleh peserta. Sebab rujukan online juga dapat mempersingkat waktu layanan karena tidak lagi membutuhkan waktu yang lama bagi Puskesmas untuk proses administrasi rujukan pasien. Sehingga dengan sistem rujukan online, maka rujukan yang diinput pada aplikasi P-Care akan langsung terhubung ke fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan.

“Dengan rujukan online, dokter di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) juga dimudahkan karena penentuan diagnosa penyakit sudah ada pada aplikasi P-Care sehingga dapat memudahkan,” jelasnya.

Rujukan online, kata Gunawan sebagai inovasi terbaru BPJS Kesehatan dalam bentuk digitalisasi rujukan yang memudahkan peserta dalam memperoleh layanan kesehatan, kemudahan layanan yang akan diberikan kepada peserta diantaranya, mengurangi lama antrian, pelayanan lebih cepat karena data pasien tidak diinput ulang di rumah sakit, serta pasien akan mendapatkan kepastian rujukan ke fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan.

“Dalam rangka implementasi sistem rujukan online, maka uji coba rujukan online akan berakhir pada 31 Oktober 2018 mendatang, dan setelahnya sistem rujukan online dapat diterapkan secara optimal baik oleh petugas kesehatan di FKTP maupun di FKRTL dan juga peserta sudah memahami sistem ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Kolaka Timur, Nurhasanah, juga mengungkapkan apresiasinya atas dukungan dari Kepala Puskesmas Lambandia atas penerapan sistem rujukan online. Karena dukungan dan keterlibatan seluruh pihak sangat diharapkan dalam menyempurnakan sistem rujukan online.

“Kami mengapresiasi Puskesmas Lambandia yang mulai menerapkan sistem rujukan online ini, sehingga kita harapkan kedepannya semua Puskesmas dapat menerapkan program ini agar masyarakat dapat lebih paham terkait program ini, karena program ini sangat membantu masyarakat yang menjadi peserta,” harapnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top