BOMBANA

Cegah Konflik di Pilkades, Polres Bombana Gelar Deklarasi Damai

KOLAKAPOS, Rumbia — Mencegah terjadinya konflik pada pemilihan kepala desa yang dijadwalkan 18 November mendatang, Polres Bombana, Selasa (30/10), melakukan upaya awal berupa deklarasi yang disepakati bersama dengan 12 desa yang akan menyelenggarakan pemilihan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri dan disaksikan oleh Kapolres Bombana AKBP Andi Adnan Syafruddin, seluruh calon Kades yang juga dihadiri oleh seluruh Pejabat Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Bombana dan seluruh panitia Pilkades serta anggota DPRD.

Pada sambutannya, perwira dua bunga melati di pundaknya itu, menghimbau pada seluruh calon Kades agar bersama-sama menjaga Kantibmas, dengan cara bersaingn dengan sehat tanpa menimbulkan konflik.
“Mari kita berfikir dengan cerdas dengan bersaing sehat, dengan cara adu program jadi setiap calon Kades tunjukkan kebolehannya.

Perlihatkan program-program untuk rakyat, itu bersaing cerdas jangan bersaing dengan tidak sehat yang bisa timbulkan konflik,” papar alumni Akpol tahun 2000 itu.

Lanjut perwira berdarah Bugis itu, dalam deklarasi damai yang dilakukan, para calon Kades berikrar untuk bersama-sama menyukseskan Pilkades diwilayahnya dengan baik dan aman. Tanpa menimbulkan konflik-konflik yang dapat membuat masyarakat terpecah belah, karena Pilkades sangat rawan sekali konfliknya dari pada Pilgub ataupun Pilbup.

“Jadi seluruh Kades yang hadir berjanji diatas hitam dan putih yang disaksikan oleh seluruh yang hadir diacara ini, akan menjaga Pilkades aman baik proses hingga usai proses. Dan kalau ada yang melanggar terpaksa kami proses, karena sudah melanggar ikrarnya dan juga melawan hukum,” tegasnya.

Kapolres juga menambahkan, untuk benar-benar menjamin Kantibmas sebelum dan sesudah Pilkades, pihaknya akan meminta BKO dari Brimob Polda Sultra dan Shabara Polda Sultra, agar deklarasi damai yang dilakukan kemarin dapat terlaksana dengan baik
“Jadi disetiap Polsek ada BKO kami khususnya di Polsek yang wilayah hukumnya ada Pilkades, kenapa libatkan BKO agar Pilkades ini bisa terlaksana baik dan nyaman,” paparnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPMD Bombana Hasdin Ratta, selaku instansi tehnis penyelenggaraan Pilkades turut pula menyampaikan sambutannya, kata dia, sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar Polres Bombana tersebut, dan berharap acara tersebut bukan hanya menjadi seremoni belaka. Dimana acara seremoni yang digelar tersebut dapat diimplementasikan oleh seluruh calon Kades yang akan bertarung.

“Ini sangat baik, menjaga damai Pilkades ini bukan hanya tugas polisi tetapi tugas kita bersama, karena tanpa partisipasi kita, kinerja polisi tidak bisa maksimal, karena ini tergantung pribadi masing-masing. Harapan saya kerja keras Polres Bombana dengan berbagai macam cara bisa terealisasi dengan damai sampai selesai,” harapnya. (k6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top