METRO KOLAKA

*Arifin Baso Segera Dilantik jadi Anggota Dewan

Kantongi SK Gubernur

 

KOLAKAPOS,Kolaka--Kader Partai Hanura, H. Arifin Baso, yang merupakan calon Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kolaka, Sainal Amrin yang diberhentikan karena pindah partai dari Hanura ke Gerindra pada Pemilu 2019, akhirnya mengantongi Surat Keputusan (SK) Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Keputusan Gubernur itu tertuang dalam SK Nomor 538 Tahun 2019 tentang peresmian, pemberhentian dan pengangkatan PAW anggota DPRD Kabupaten Kolaka. “Ya sudah ada SK nya dari gubernur, jadi tinggal proses pelantikan nanti,” ungkap Ketua DPC Hanura Kolaka, Hasbi Mustafa, kemarin (1/11).

Menurut Hasbi, sebenarnya Arifin Baso bakal dilantik bersamaan dengan salah satu calon PAW anggota DPRD Kolaka lainnya. Tetapi karena gubernur masih sibuk, maka SK PAW belum sempat ditandatangani. “Sebenarnya kan mau bersamaan dilantik, SK itu sudah ada di meja gubernur sejak bulan kemarin. Hanya saja karena kesibukan Pak Gubernur ya belum ada kesempatan ditandatangani,” ujarnya.

Ketua Fraksi Hanura DPRD Kolaka juga menampik jika keterlambatan SK tersebut ada unsur kesengajaan. “Tidak ada kesengajaan di sini, lebih cepat sebenarnya lebih baik,” tegasnya.

Jika Arifin Baso dilantik, kata Hasbi, maka Fraksi Hanura di DPRD Kolaka akan kembali lengkap dengan beranggotakan tiga orang. “Jadi fraksi kita akan kembali lengkap kalau sudah dilantik ini beliau,” paparnya.

Terkait proses pelantikannya sendiri, tambah Hasbi, hal itu diserahkan sepenuhnya kepada keputusan DPRD Kolaka sesuai aturan. “Kalau bisa paling lambat pekan depan, tapi semuanya kita serahkan kepada teman-teman di DPRD karena akan dimusyawarahkan kembali lagi,” ujarnya.

Untuk diketahui sejak 21 September lalu, satu kursi Hanura di DPRD Kolaka kosong karena ditinggal Sainal Amrin yang pindah ke partai Gerindra. Sesuai aturan, anggota DPRD yang pindah partai dalam pemilu 2019 harus mengundurkan diri. (mir/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top