BERITA UTAMA

Konawe Selatan, Diguncang Gempa

ilustrasi/net

Tanah di Kendari Pun Bergetar

KOLAKAPOS, Kendari — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyebutkan telah terjadi gempabumi tektonik berkekuatan 2,1 SR yang mengguncang wilayah Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan, Sultra, Senin.

“Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa berkekuatan 2.1 SR terjadi pada pukul 16:20:18 Wita dengan episenter 4,18 LS – 122,47 BT sekitar 29,5 KM arah Barat Daya Kendari–Sulawesi Tenggara dengan kedalaman 5 kilometer,” kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, di Kendari.

Ia mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan sedang dirasakan di wilayah Ranomeetoo, Pasar Baruga dan Lanud HLO–Konawe Selatan dalam skala intensitas II MMI.

“Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh sebagian orang,” katanya.
Di Kendari pun, menurut sebagian warga sangat terasa sekali tanahnya bergetar. “Kami kaget kok tiba -tiba ada getaran di rumah dan tanahpun bergoyang, meski waktunya tidak terlalu lama,” kata Revalina, warga Kendari.
Hasil koordinasi kata Rosa, hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

“Terkait dengan peristiwa gempabumi di Konawe Selatan(SULTRA), hingga laporan ini disusun pada pukul 16:56 WITA, telah terjadi aktivitas gempabumi susulan sebanyak 3 kali. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang,” katanya.

Ditinjau dari kedalamannya kata Rosa, gempabumi ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di wilayah Barat Daya Kendari, Sulawesi Tenggara. (p/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top