KONAWE

Perusda Konawe Bakal Jadi Mesin PAD

Gusli Topan Sabara. Wakil Bupati Konawe

KOLAKAPOS, Unaaha — Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe, mulai melirik penuh terhadap potensi Perusahaan Daerah (Perusda) dalam meningkatkan jenis usaha yang akan di kelola ke depannya. Hal ini guna memaksimalkan pemasukan daerah dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Saat di temui, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara menuturkan, potensi Perusda dalam mengelolah berbagai macam jenis usaha akan semakin besar ke depan, apa lagi dengan adanya kawasan industri Morosi membuat Perusda memiliki potensi sebagai salah satu perusahaan yang akan terlibat di dalamnya.

Namun sebelum menuju ke konsep tersebut, langkah yang harus diambil terlebih dahulu yakni mengangkat status perusda menjadi Perseroan Terbatas (PT) dan ini merupakan syarat wajib yang harus dilakukan pertama.

” Kita PT kan dulu, baru bisa bergerak di sana ( Kawasan Industri Morosi, Red), jadi semua kegiatan bisa dilakukan Perusda,” Kata Gusli.

Tidak hanya potensi kegiatan yang ada di Kawasan Industri Morosi saja yang di proyeksikan Perusda akan tetapi hampir semua lini kegiatan kedepan akan di kelolah oleh perusda ini, baik pertanian, perikanan dan peternakan akan mampu di kerjakan, apa lagi terkait dengan program visi misi Bupati dan wakil bupati Konawe saat ini.

” Pemerintah kan tidak bisa berbisnis, sehingga kita harapkan perusda inilah yang akan akan ambil bagian di dalamnya, dalam mengelolah ekonomi kerakyatan itu, apa lagi hasil dari kegiatan perusda ini akan kembali lagi ke daerah dan ini kontribusinya, jadi kedepan tidak ada lagi kata daerah kekurangan dana untuk pembangunan,” Katanya.

Ia menambahkan, selain dari pemasukan daerah yang dapat di terima daerah, ada hal lain yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Konawe ,antaranya terkait terbukanya lapangan kerja baru, sebab jika perusda telah menjadi PT maka dengan otomatis akan membuka lapangan kerja baru, dan yang menariknya lagi, perekrutan di dalamnya yanki putra putri asli daerah konawe itu sendiri. ” Pasti ada lapangan kerja baru, dan ini sudah kita pikirkan,” Terangnya.(m4/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top