KOTA KENDARI

Pemprov Sultra Jalin Kerjasama Dengan Korea Selatan

KOLAKAPOS, Kendari — Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) melalui Biro Kerja Sama, melakukan kesepakatan kerja
dengan salah satu perusahaan anak cabang PT Hyundai Korea Selatan. Dalam tindak lanjut kesepakatan Pemprov Sultra dan salah anak perusahaan cabang PT Hyundai Korea Selatan di Korea Selatan, Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik mewakili Pemprov Sultra, menghasilkan beberapa keputusan kerjasama diantaranya pembangunan pabrik Wood Pellet di Kabupaten Konawe Selatan.

“Jadi kunjungan ke Korea Selatan (Korsel) beberapa waktu yang lalu, merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemprov Sultra dan perusahaan PT INC yakni anak perusahan dari PT Hyundai Group,” ujar Kepala Biro Kerja Sama Harmin Ramba saat ditemui diruang kerjanya.

Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik, H. Harmin Ramba mengugkapkan, kunjunga tersebut, dalam rangka menindak lanjuti penanda tanganan MoU beberapa waktu yang lalu antara Pemprov Sulta dengan pihak Korsel.

“Dalam kunjugan tersebut, hasilnya sangat memuaskan terutama pada kerjasama antara dua negara. membangun pabrik bahan baku energi terbarukan yakni wood pellet dengan menggunakan kayu  kalliandra yang berlokasi di Konawe Selatan,” ungkap Harmin .

Sambung Harmin Ramba, menyampaikan sambutan yang diberikan Pemerintah Korea Selatan (Korsel) memberikan respon sangat besar terhadap seluruh rombongan dari Pemprov Sultra.

” Dari kami diberikan kesempatan untuk mengadakan konferensi pers bersama 20 media nasional Korea. Hingga kesepakatan yang terbangun oleh Kementrian Kehutanan Korsel, yang antara lain Pihak investor (Pt Hyundai Grup Korsel) akan berinvestasi sejumlah 160 juta US Dollar.

Dengan pola pemanfaatn sumber daya masyarakat lokal,pemanfaatan tenaga kerja, dengan menyerap tenaga lokal sebesar 70 persen dan 30 persen tenaga asal Korsel. Untuk menjaga komitmen besar antara pemerintah Korsel dan pemerintah Sultra. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top