KONAWE SELATAN

Desa Lalouesamba Wakili Konsel Lomba PW2KSS Tingkat Provinsi

KOLAKAPOS, Andoolo — Desa Lalousemba Kecamatan Lalembuu mewakili Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dalam lomba Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2018.

Penilaian lomba yang dihadiri tim penilai dari Pemprov bersama rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prov Sultra, Dra. Andi Tenri Rawe Silondae, MM dan Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Konsel, Ir. Agusalim, M. Si, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Hj. Ariaty, SKM, Kadis P3A Konsel, Dra. Yuliana, MM serta Kapolsek Lalembuu Ipda. Rusmin. Jumat (9/11).

Mewakili Bupati Konsel, Asisten Bid Pemkesra Setda Agusalim mengatakan, P2WKSS merupakan sebuah proses dan tahapan untuk mengetahui sejauh mana daerah telah melaksanakan persiapan, yang penilaian semacam ini bukanlah tujuan utama tetapi bagaimana kelanjutan dan pengaruh setelah lomba ini, khususnya kaum perempuan dari segi sosial dan ekonomi.

“Utamanya dalam peningkatan penghasilan, serta meningkatkan kesejahteraan dengan ilmu dan keterampilan yang sudah mereka dapatkan dari OPD terkait dan pihak lain, yang saling bersinergi agar sinkronisasi kepentingan dapat berdampak langsung terhadap kebutuhan masyarakat dengan mengesampingkan ego sektoral,” jelas Agusalim.

Pada dasarnya P2WKSS, merupakan program terpadu dalam peningkatan peran perempuan sebagai penggerak, subyek dan pelopor pembangunan yang ada di desa yang didukung Pemda melalui Dinas P3A dalam mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat.

“Kami mengapresiasi kinerja, pada semua tingkatan PKK yang ada di Desa, Kecamatan serta anggota dasawisma yang walaupun tidak digaji tetap melaksanakan fungsinya masing-masing. Jadi, Kami berharap Desa Lalouesamba bisa diperhitungkan sebagai juara pertama pada lomba ini,” harapnya.

Sedangkan, Ketua Tim Penilai lomba, Andi Tenri Rawe Silondae, mengatakan lomba P2WKSS ini sejalan dengan program Gubernur Sultra Ali Mazi, SH demi menuju Sultra Emas yakni ekonomi kuat, daerah maju, aman dan tentram, dan masyarakat sejahtera. Salah satunya meningkatkan peranan wanita dalam pembangunan dengan meningkatkan SDM dan SDA untuk mewujudkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia.

“Program ini secara umum diharapkan dapat meningkatkan dalam upaya peran dan partisipasi perempuan, dalam pembangunan untuk mewujudkan keluarga berkualitas dan pemahaman kebangsaan, dengan melakukan pembinaan secara terkoordinasi mulai dari Desa, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten hingga tingkat Provinsi,” jelas Andi Tenri.

Ia berharap, agar program P2WKSS jangan hanya jadi lomba semata, tapi proses ini dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat di Desa ini, sehingga dapat meningkatkan peran perempuan, selain itu hasil penilaian dan kunjungan lapangan Tim penilai, bisa mengantarkan kembali Konsel meraih prestasi.

Ditempat yang sama, Kadis P3A Konsel, Yuliana menyampaikan harapan yang besar, agar hasil pembinaan lintas sektoral dengan upaya maksimal dan kerja keras ini, bisa mempersembahkan prestasi yang terbaik dengan menjadi pemenang pada lomba tersebut.

“Mari kita sama-sama berdoa, semoga lomba kali ini kita bisa keluar sebagai juara pertama, apalagi Konsel sudah tahunan tidak merasakan menjadi yang terbaik pada event yang sama,” tandasnya. (K5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top