KOTA KENDARI

Karang Taruna Diminta Ambil Peran Penanganan Kesejahteraan Masyarakat

Gubernur Sultra saat mengukuhkan anggota karang taruna

KOLAKAPOS, Kendari — Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi meminta anggota Karang Taruna harus memberikan andil dalam menangani kesejahteraan masyarakat. Hal itu diungkapkan saat menghadiri pengukuhan Karang Taruna Provinsi Sulawesi Tenggara yang bertema “Optimalisasi peran karang taruna provinsi Sulawesi Tenggara dalam mendukung terwujudnya Sultra Emas” yang digelar disalah satu Hotel di Kendari Jumat (9/11)kemarin.

“Seluruh Karang Taruna yang ada di seluruh Sulawesi Tenggara, semoga bisa memegang amanah Undang-undang. Karang Taruna harus andil dan turut serta dalam menangani kesejahteraan masyarakat,” ungkap Gubernur Sultra.

Ia mengungkapkan, anggota Karang Taruna harus ikut dan terlibat dalam sosial kemasyarakatan. Komunikasi yang baik dan turut dalam membangun seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten/ Kota, maupun diseluruh wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

” Untuk itu, Karang Taruna harus siap dalam setiap keadaan, baik itu sosial masyarakat maupun dari segi kultural (budaya). Dimana Karang Taruna harus turut mengembangkan dirinya untuk membangun masyarakat aman dan sejahterah,”jelasnya.

Sambungnya, Ia juga sangat mengharap seluruh Anggota Karang Taruna masa 2017-2022, agar lebih menggali segala aspek kehidupan diberbagai seluruh wilayah Sulawesi Tenggara. Sekaligus mendalami Karakterlistik yang ada sekaligus menciptakan model strategi dalam penanganan permasalahan yang ada.

“Setiap Karang Taruna nantinya, setelah mendalami karakteristik dan kultural seluruh masyarakat, nantinya bisa menciptakan strategi serta formula baru dalam mengatasi semua permasaalahan yang terjadi dilingkup masyarakat,” pungkasnya.

Diwaktu yang berbeda, Ketua karang taruna sultra sudarmanto, mengatakan,
Sebelumnya pihaknya dari pengurus karang Taruna sangat mengapresiasi atas terlaksananya pengukuhan karang taruna provinsi Sulawesi tenggara.

“Harapan kita, kedepannya bisa dijalankan sesuai amanah yang diberikan oleh Gubernur Sultra H Ali Mazi. Dimana Karang Taruna mampu lebih dekat dengan masyarakat serta bisa memberikan pedampingan mengenai permasalahan-permasalahan sosial di masyarakat Sulawesi Tenggara,” terangnya.

Dengan adanya pelantikan dan pengukuhan ini, yang pertama akan dilakukan adalah dari saat ini sampai dengan malam, pihaknya akan melakukan rapat kerja untuk program kerja kedepannya.

” Sehingga dengan apa yang dilakukan Karang Taruna, memantapkan kerja bisa memberikan suport demi terwujutnya sultra emas seperti yang diharapkan pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara. Oleh dari itu, kita sangat membutuhkan kritik dan saran dari semua Pengurus Nasional Karang Taruna,” Pungkasnya.

Senada dengan itu, Direktur Executif Pengurus Nasioanl Karang Taruna, Faisal Anwar, menambahkan, untuk mewujudkan jalannya program Sultra Emas, terlebih dahulu harus memprogramkan terlebih dahulu kerja apa yang lebih di proritaskan untuk di akhir tahun dan awal tahun 2019.

“yang utama adalah dimana hari ini, sudah terbentuk dengan resmi serta dikukuhkan satu wadah organisasi anak muda. Disamping untuk bisa memperkuat seni budaya, sisi pariwisata secara kedaerahan di sulawesi tenggara,” katanya dengan mantap.

Sehingga bakat-bakat anak muda, tambah Faisal Anwar, dari Sulawesi tenggara, bisa terwujudkan melalui kegiatan karang taruna. Karang Taruna tahun ini, adalah karang taruna yang sudah berpikiran moderen.

” Serta bisa Karang Taruna haruslah lebih jeli dan bisa bersinergi dengan pihak pemerintah dan masyarakat, karena disitulah pesan yang paling utama untuk semua lini kehidupan dalam andil menyelesaikan persoalan yang terjadi di semua aspek kehidupan masyarakat,” tutupnya. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top