KONAWE SELATAN

Dikbud Konsel Atensi Peningkatan Kualitas PAUD

KOLAKAPOS, Andoolo — Tingkatan mutu pendidikan khususnya bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pemerintah kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menggelar workshop bunda PAUD Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang dibuka oleh Bunda PAUD (BP) Konsel, Nurlin Surunuddin, didampingi Wakil BP, Arni Arsalim, Minggu (11/11).
Kegiatan ini dihadiri Kadis Dikbud Konsel Syarifudin, dengan peserta yakni para Kepala Sekolah PAUD, Bunda PAUD tingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa.

“Masa usia dini merupakan periode emas, bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pandidikan, dan tahun berharga baginya untuk membantu perkembangan kepribadian, psikomotor, kognitif maupun sosialnya yang masanya datang hanya sekali,” kata Bunda PAUD yang juga Ketua TP-PKK Konsel, Nurlin Surunuddin.
Lanjutnya, masa keemasan tersebut jangan terlewatkan, untuk itu pendidikan usia dini dalam bentuk pemberian rangsangan-rangsangan (stimulasi) dari situasi dan lingkungan yang baik, jangan dilalui begitu saja tapi perlu diajarkan melalui pendampingan, yang didukung dengan aspek kesehatan dan gizi yang tentu menentukan kualitas, kecerdasan dan tumbuh kembang anak kedepannnya.

“Jadi, diperlukan kerjasama yang baik antara Bunda PAUD di tingkat kecamatan hingga desa dengan orang tua anak, sehingga masa depan anak bisa lebih cerah, yang artinya jika seseorang pada usia 0-6 tahun mendapat pendidikan yang tepat maka ia memperoleh kesiapan belajar yang baik, yang juga kunci keberhasilan belajarnya pada jenjang berikutnya,” tukasnya.

Olehnya itu, tambahnya pihak terkait seharusnya merespon akan keberadaan PAUD ini, dan sebagai Bunda PAUD harus banyak belajar dan menjadi contoh yang baik bagi anak, family dan tetangga sekitar dengan tidak memberikan sedikitpun contoh buruk bagi mereka.

Demi kebaikan lingkungan dan kemajuan daerah terkhusus wilayah Konsel.
Sedangkan dalam laporannya, Kadisdikbud Konsel, Saifuddin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bunda PAUD, yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM di lembaga PAUD yang ada di Kec, Kel dan Desa, serta untuk mewujudkan lembaga PAUD yang ada di Desa dalam upaya peningkatan kuantitas dan kualitas lembaga tersebut, dimana saat ini berjumlah 308 PAUD yang tersebar pada 25 kecamatan, 15 kelurahan dan 336 desa se-Konsel.

“PAUD ini tentu akan lebih berkembang dan maju dibawah bimbingan Ibu Bupati, selaku Bunda PAUD Konsel yang memiliki kepedulian tinggi serta membawa pergerakan yang cepat dan tepat, yang tentu diharapkan bisa memberi dampak positif terhadap perkembangan PAUD, yang menciptakan anak-anak Konsel menjadi generasi emas yang cerdas dan berdaya saing,” tandas Saifudin. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top