KONAWE SELATAN

Surunuddin : Hari Pahlawan Bukan Hanya Sebuah Acara Semata

KOLAKAPOS, Andoolo — Peringati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2018, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) menggelar upacara yang mengangkat tema “Dengan Semangat Pahlawan di Dadaku Kita Lanjutkan Cita-cita Perjuangan Para Pahlawan Bangsa Untuk Mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat”.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Bupati Konsel Surunuddin Dangga dengan Pemimpin Upacara Danramil 04-Lainea Kodim 1417/Kendari, Kapt INF Arifuddin, serta Pengibar Bendera berasal dari Siswa/i Kelas XII SMAN 06 Konsel, yang diikuti para staf ASN dan pimpinan OPD, instansi vertikal, TNI – Polri, serta para pelajar tingkat SMP dan SMA.
“Setiap tahun pada tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya, pada 73 tahun silam yang merupakan perang fisik pertama, setelah kita menyatakan kemerdekaan, sekaligus sebagai ingatan kolektif bangsa tentang keberanian, semangat pantang menyerah, pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” kata Bupati Konsel, Surunuddin Dangga yang membacakan sambutan Mensos RI Agus Gumiwang Karta Sasmita.
Yang bukan semata sebuah acara, sambung Surunuddin, namun syarat makna yang menggali dan memunculkan semangat baru, dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari, hal ini penting karena tidak bersifat statis namun dinamis sesuai tema hari Pahlawan 2018 adalah “Semangat Pahlawan di Dadaku”.
“Ini mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan, tertanam nilai-nilai kepahlawanan oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan yang mengabdikan hari yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar bagi bangsa dan negara,” jelasnya.
Olehnya itu, tutur Surunuddin, peringatan hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan, pengentasan kemiskinan, berinovasi cerdas serta berdaya saing, yang nantinya melahirkan pahlawan baru yang berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini, khususnya pemuda yang kokoh jati dirinya, karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka serta terlibat terhadap permasalahan dan pelayanan sosial.
“Pada akhirnya, melalui momentum peringatan ini, saya mengajak untuk marilah kita berbuat yang terbaik bagi daerah dan bangsa, dengan berkontribusi bagi kemajuan yang akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara, serta harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun Bangsa kita, terkhusus daerah Konsel yang kita cintai ini sehingga menjadi Maju dan masyarakatnya unggul, amanah, sejahtera dan berdaya saing,” tandas Surunuddin. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top