BERITA UTAMA

Ali Mazi Gubernur Sultra: Melalui Konsel Bershalawat, Merupakan Pendekatan Diri Kepada Sang Pencipta

KOLAKAPOS, Andoolo — Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1440 H dan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2018 Masehi, Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel bersama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Sultra menggelar Shalawat, Dzikir dan Do’a Akbar dengan Tema “Konsel Bershalawat”, bertempat di Lapangan Andoolo, Sabtu (17/11).

Konsel Bershalawat dipimpin oleh Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf, dan Tausiah yang dibawakan oleh mantan Gubernur NTB, Dr. Tuan Guru H. Muh Zainul Majdi, yang dihadiri Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH, Wakapolda Kombes. Pol. Winarto, SH, serta Ketua Umum Apkasi Mardani Haji Maming, yang turut juga dihadiri Alim Ulama dan Pimpinan Pondok Pesantren se-Konsel dan disaksikan oleh ribuan masyarakat Konsel yang memadati lokasi kegiatan.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Konsel Bershalawat, Gubernur Sultra, H. Ali Mazi menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, telah menjadi bagian dari kegiatan rutin dan tradisi Bangsa Indonesia, yang diselenggarakan tidak saja pada instansi/lembaga pemerintahan.

“Tapi dilaksanakan oleh kelompok-kelompok masyarakat, dalam bingkai tingkatan masing-masing. Yang mana niat tulus dan suci memperingati Maulid Nabi sejatinya lahir dari dorongan motivasi refleksi dan ikhlas, serta kilas balik terhadap perjalanan hidup Rasullullah SAW dengan harapan dapat menjadi media penguatan implementasi dan pengalaman akhlak yang sarat dengan nilai-nilai suci dan pesan moral yang agung,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan ini tidak hanya dimaknai sebatas rutinitas semata, tapi dapat mengantar pada upaya untuk meneladani keagungan dan kemuliaan rahmat Rasulullah SAW dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan mencontohi budi pekerti, sikap, tutur kata dan kesatuan beliau dalam memimpin dan menyikapi kemajemukan perbedaan.

“Saya bangga dan menyambut baik pelaksanaan peringatan Maulid Nabi ini, yang dirangkaikan dengan HSN dipadukan dalam Konsel Bershalawat, yang mana HSN selalu diperingati setiap tahun dimulai pada tanggal 22 Oktober 2015, yang telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Kepres No. 22 Tahun 2015 tentang HSN, yang tentu jangan hanya sebagai kegiatan seremonial belaka,” terangnya.

Ali Mazi berharap, melalui peringatan HSN dapat membuka kesadaran pemahaman, terkait perjuangan ulama dan santri dimasa lalu dan dapat menjadi sarana untuk memperkokoh ikatan persatuan dan persaudaraan, baik dalam konteks Ukhuwah Islamiyah maupun Ukhuwah Insaniyah.

“Semoga melaui Konsel Bershalawat ini, yang merupakan bagian dari Dzikir atau pendekatan diri kepada sang pencipta dan wujud kecintaan kita kepada Rasulullah SAW, masyarakat daerah Sultra, khususnya Konsel diberikan keberkahan dan senantiasa dalam lindungannya, yang dapat mengimplementasikan nilai keagamaan dalam kehidupan yang aman, damai dan penuh kasih sayang dalam bingkai persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Kesempatan yang sama, Bupati Konsel Surunuddin Dangga menyampaikan terima kasih atas kehadiran tamu undangan tanpa terkecuali dan kepada seluruh masyarakat yang hadir, semoga dengan kegiatan ini, dapat menghindarkan wilayah Konsel dari berbagai bencana.

“Dan menjadikan daerah kita aman, makmur dan masyarakatnya sejahtera menuju terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat, yang mana Pemda mendorong pembangunan daerah dimulai dari Desa sesuai dengan program Nawacita Presiden RI Jokowi yakni membangun dari pinggiran,” tukas Surunuddin. (K5/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top