KONAWE SELATAN

Pengurus DPC IPKANI Konsel Terbentuk

Kadis DKP Konsel (tengah) Irwan H. Silondae saat menghadiri sekaligus melantik pengurus DPC IPKANI Konsel. FOTO: Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI) Kabupaten Konsel terbentuk, setelah dilantik dan dikukuhkan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Irwan H. Silondae, yang dihadiri dan disaksikan Ketua DPD IPKANI Sultra, Chandra Buana, Senin (19/11) lalu.
Sebelum pelantikan pengurus organisasi IPKANI, terlebih dahulu dilakukan pemilihan Ketua, Wakil Ketua, Bendahara, Sekretaris dan Anggota, dari kesepakatan para Penyuluh Pertanian (PP) se-Konsel, Adriansyah didaulat sebagai Ketua untuk memimpin DPC IPKANI Konsel periode 2018-2022.
“Kegiatan Pelantikan dan pengukuhan ini, merupakan tindak lanjut Surat Keputusan (SK) pengurus IPKANI Sultra yang diharuskan membentuk pengurus disetiap Kab/Kota, dibawah koordinasi Kementerian KP RI, tujuannya untuk memupuk semangat persaudaraan dan kebersamaan antar PP di Konsel, yang juga diharapkan dapat memahami tentang arti pentingnya tugas dan tanggung jawab sebagai seorang penyuluh,” jelas Irwan H. Silondae.
Disamping itu, tambah Irwan, sebagai motivasi para penyuluh dalam bekerja sesuai moto dari IPKANI itu sendiri yakni “Penyuluh Perikanan Yang Profesional Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik dan Sejahtera”, dimana penyuluh dituntut untuk harus meningkatkan kemandirian, profesionalisme, dinamis, kreatif dan inovatif.
“Jadi, selamat atas pelantikan dan pengukuhan kepada pengurus yang baru, semoga dapat bekerja dan menjalankan tugasnya dengan baik dan penuh tanggung jawab, sesuai dengan visi misi IPKANI yakni memajukan masyarakat nelayan, sehingga terwujud masyarakat kelautan dan perikanan wilayah Konsel yang sejahtera dan berkelanjutan,” tandas Irwan.
Ditempat yang sama, Ketua DPD IPKANI Sultra Chandra mengatakan organisasi ini merupakan satu-satunya yang diakui dan dibawah koordinasi Kementerian KP, dengan Ketua Umumnya Herman Hairan Anggota Komisi VII DPR-RI.
“IPKANI Konsel juga sebagai jembatan antara PP ke Kementerian KP, dimana jika ada permasalahan terkait proses kerja yang tidak bisa dijalankan dalam memberikan penyuluhan, maka IPKANI siap membantu memfasilitasi baik secara teknis maupun administrasi, misalnya jika ada permasalahan gaji,” tuturnya.
Pihaknya juga menghimbau kepada Ketua dan seluruh pengurus, harus siap menggerakkan organisasi lahir bathin, dengan meluangkan dan mengorbankan waktu, tenaga serta pikirannya demi memperjuangkan organisasi agar dapat berjalan dengan baik. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top