KONAWE SELATAN

PHDI Konsel Gelar Festival Budaya Bali ke-I

Bupati Konsel saat tiba di lokasi Festival Budaya Bali di Desa Jati Bali. FOTO: Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Parisada Hindu Dharma Indonesia Konawe Selatan (PHDI-Konsel) menggelar Festival Budaya Bali I Tingkat Kabupaten Konsel, yang dipusatkan di lapangan Desa Jati Bali Kecamatan Ranomeeto Barat, Minggu (18/11). Festival Budaya dibuka langsung oleh Bupati Konsel Surunuddin Dangga, didampingi Wakil Bupati Arsalim Arifin.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan, ketika mendengar nama Bali, terlintas sebuah pulau dengan segala keramah tamahan masyarakatnya yang penuh dengan seni, yang memiliki budaya yang tiada duanya di dunia.

“Namun pada saat ini, kita tidak perlu lagi harus pergi ke Bali karena suguhan seni dan budaya Bali sudah kita saksikan di Konsel melalui Festival Budaya hari ini,” jelasnya.

Festival ini lanjut dia, merupakan salah satu upaya melestarikan dan mengembangkan budaya lokal yang dimiliki masyarakat Bali, yang juga bagian dari masyarakat Konsel, sehingga semua memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga, melestarikan, dan mengembangkan keragaman aset budaya yang ada.

“Saya berharap masyarakat Bali dan masyarakat pada umumnya di Konsel, dapat lebih mengapresiasi asset budaya yang kita dimiliki, salah satunya yang tersaji dalam kegiatan Festival Budaya ini, yang menghasilkan berbagai produk baik kesenian, adat istiadat, pola hidup, sandang, papan, bahkan sampai pada makanan khas masyarakat,” tutur Surunuddin.

Selain itu, tambah dia menjadi wahana interaksi sosial untuk semakin memperkokoh semangat kebersamaan dan persaudaraan, yang tentunya akan terjaga dan terpelihara rasa aman dan nyaman serta semakin membaiknya perekonomian, sekaligus menjadi sarana edukasi yang membentuk kepribadian dan karakter masyarakat Konsel, utamanya kaum muda yang lebih baik.

“Kita juga berharap Festival ini dilaksanakan secara berkesinambungan, sebagai upaya penguatan budaya lokal dan jati diri masyarakat, apalagi mengingat makin kuatnya pengaruh arus modernisasi dengan segala dampak positif dan negatifnya,” tukasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri, Sekda Konsel Sjarif Sajang, Ketua TP-PKK Nurlin Surunuddin, Kadis Pariwisata AB. Subair, Kabag Humas Hermawan, dan Ketua PHDI Konsel I Gusti Adi Suwantara, Sekretaris PHDI I Made Arnawa serta para pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kades. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top